Badung
Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta selaku Ketua MGPSSR Provinsi Bali menghadiri karya Atiwa-tiwa lan Atma Wedana Pratisantana Arya Kanuruhan di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Minggu (28/8/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM BADUNG – Bertepatan dengan rahina Redite Umanis, Minggu (28/8/2022), Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta selaku Ketua MGPSSR Provinsi Bali menghadiri karya Atiwa-tiwa lan Atma Wedana Pratisantana Arya Kanuruhan di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Minggu (28/8/2022). Turut hadir mendampingi Prawartaka Karya, I Ketut Suba, Penyarikan I Ketut De Sujana, dan tokoh masyarakat lainnya. Sebagai bentuk motivasi dan perhatian dari Ketua MGPSSR Provinsi Bali, Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan pribadi sebesar Rp30.000.000. Karya ini diikuti 181 sawa, ngelungah 270, ngerorasin 205, dan mepandes 310 orang.

Dalam sambrama wacananya, Bupati Nyoman Giri Prasta  menyampaikan apresiasi dan dukungan atas semangat persatuan yang telah ditunjukkan, pihaknya sangat mendukung dan berharap upacara ini berjalan dengan lancar dan baik, disamping itu pula diharapkan kepada krama yang memiliki sawa agar betul-betul mengikuti jalannya upacara, mulai dari awal hingga ngelinggihang di Merajan serta harus didasari atas hati yang tulus ikhlas.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri Karya Melaspas di Pura Puseh Dadia Desa Adat Penatih

“Dalam pelaksanaan karya (upacara) atiwa-tiwa, atma wedana dan sawa prakerti ini, beberapa hal yang patut dipahami, mulai dari murwa daksina dengan menggunakan sapi gading atau sapi selem batu, yang akan menghantarkan atma menuju surga. Saya berharap, dudonan atau rangkaian karya yadnya ini berjalan dengan lancar labda karya, sida sidaning don,” ujarnya.

Giri Prasta juga mengatakan semua harus selalu berpedoman dengan ajaran Agama Hindu berlandaskan dharmaning leluhur, dharmaning agama dan dharmaning negara. Dimana dharmaning leluhur mengingatkan paiketan untuk selalu ingat kepada leluhur, dharmaning agama mengingatkan paiketan ini untuk selalu ingat kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa Tuhan Yang Maha Esa dengan srada bakti dalam semua kegiatan. Dengan dilaksanakan dharmaning leluhur ini, diharapkan bisa mempererat persaudaraan dan persatuan pasemetonan yang ada agar tidak terpecah belah.

Baca Juga :  FPRB Tanjung Benoa Beberkan Implementasi 12 Indikator Tsunami Ready di Barcelona

Sementara itu Prawartaka Karya, I Ketut Suba mengatakan mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Badung, Giri Prasta bersama undangan lainnya dalam upacara Atiwa- Tiwa lan Atma Wedana Pratisantana Arya Kanuruhan Kecamatan Kubu ini. Kami memohon maaf apabila masih ada kekurangan dalam menyambut Bapak Bupati bersama undangan. Karya Atiwa-tiwa lan Atma Wedana Pratisantana Arya Kanuruhan Kecamatan Kubu ini sudah berjalan untuk yang ke-3 kalinya, dan untuk tahun ini berlangsung selama kurang lebih 5 bulan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News