Denpasar
Apresiasi Kalangan Penyandang Disabilitas, Pemkot Denpasar Gelar Kegiatan ‘Indonesia Cinta Disabilitas’. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Para penyandang disabilitas di Kota Denpasar kini semakin mendapatkan ruang gerak dan keleluasaan dalam berkreatifitas. Banyak momentum dan kegiatan melibatkan para kaum difabel agar mereka bisa leluasa berekspresi. Seperti halnya rangkaian kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kota Denpasar melalui kolaborasi Dinas Sosial dan Dinas Koperasi UKM pada Kamis (25/8/2022).

Bertajuk Indonesia Cinta Disabilitas, kegiatan ini juga sebagai wujud apresiasi kepada para penyandang disabilitas dan juga  untuk memenuhi hak-hak penyandang disabilitas sehingga lebih mandiri, berkarya dan dapat meningkatkan kemampuan yang inklusi sehingga akan berkehidupan yang lebih baik.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, yang masih rangkaian kegiatan Indonesia Cinta Disabilitas digelar di halaman Kantor Dinsos Kota Denpasar ini, masih bernuansakan perayaan HUT Proklamasi RI Ke-77.

Selain peluncuran logo Program Indonesia Cinta Disabilitas, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pameran yang mengikutsertakan setidaknya 15 stand UKM Binaan Diskop UKM Kota Denpasar dan UKM Disabilitas, serta penyerahan secara simbolik bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan berupa (TJSL) 2800 kotak susu dari Alfamart, 2 buah kursi roda dari Krisna Holding Company, dan 1 buah kursi roda dari Dapur Umum Yadnya.

Baca Juga :  Tim DLHK Denpasar Gerak Cepat Tertibkan Usaha yang Buang Limbah Sembarangan, Sat Pol PP Akan Sanksi dengan Sidang Tipiring

Turut hadir dalam acara itu, Ketua Gatriwara Kota Denpasar, Ny. Purnawati Ngurah Gede, Wakil Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Kepala Dinsos Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswaty dan Kepala Diskop UKM Kota Denpasar, I Dewa Made Agung, serta para Undangan terkait.

Dalam laporannya, Kepala Dinsos Kota Denpasar, I Gusti Laxmy Saraswaty selaku panitia mengatakan indikator pelaksanaan kegiatan Indonesia Cinta Disabilitas ini adalah masuk dalam ruang lingkup pemberdayaan  untuk pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial.

“Kegiatan ini dapat terselenggara berkat program TJSL dan dukungan yang telah diberikan oleh para pihak. Mewakili penyelenggara kegiatan, terima kasih tak terhingga kami haturkan untuk support dan perhatian yang sudah Bapak dan Ibu berikan. Hari ini kita juga menyaksikan launching program Indonesia Cinta Disabilitas, dimana kami berharap di tahun berikutnya, program Indonesia Cinta Disabilitas dapat terus terselenggara sebagai wujud apresiasi kepada para teman teman penyandang disabilitas,” jelas Laxmy Saraswaty.

Sementara Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara mengatakan betapa penyelenggaraan rangkaian kegiatan ini adalah wujud apresiasi yang baik bagi penyandang disabilitas di Kota Denpasar. Pelibatan kalangan penyandang disabilitas di banyak acara membuktikan bahwa ruang gerak bagi penyandang disabilitas kini semakin luas diberikan.

“Aksebilitas, kesetaraan dan kesempatan bagi penyandang disabilitas harus terus menerus kita berikan. Penjaminan akan akses mendapatkan pendidikan yang layak, pelayanan kesehatan serta akses memperoleh kesempatan bekerja tentulah suatu hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh kita,” kata Ny. Antari Jaya Negara.

Menurut Ny. Antari Jaya Negara, kepedulian dan kekuatan solidaritas dalam hal pemenuhan hak hak penyandang disabilitas di Kota Denpasar diperlukan untuk mewujudkan Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul).

Baca Juga :  Weekend Bersama New Honda Stylo 160, HCB Ajak Bikers Fashion Meet Up

“Maka peran seluruh elemen masyarakat diperlukan untuk mendukung program Pemerintah Kota Denpasar dalam hal pemenuhan hak hak penyandang disabilitas. Untuk itu, terima kasih atas segala upaya dan kerja keras para pihak yang terlibat sehingga kegiatan Indonesia Cinta Disabilitas ini sudah dapat terselenggara dengan baik,” ungkap Ny. Antari Jaya Negara.

Rangkaian kegiatan Indonesia Cinta Disabilitas ini, turut diramaikan dengan penampilan musisi kawakan Bali, Nanoe Biroe yang penampilannya begitu menghibur para hadirin. Dalam kesempatan itu, Nanoe Biroe berhasil menggaet Kadinsos Kota Denpasar Laxmy Saraswaty untuk turut bernyanyi di panggung dan Tak ketinggalan, beberapa musisi penyandang disabilitas juga turut serta menyumbangkan suara mereka. Rangkaian kegiatan Indonesia Cinta Disabilitas ini sendiri akan berlangsung hingga Jumat (26/8/2022) serta kegiatan di PLD (Pusat Layanan Disabilitas) oleh gatriwara yang diisi juga dengan aneka perlombaan. Seperti lomba mewarnai, lomba melukis pot, serta lomba merangkai bunga bertajuk life is wonderful.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News