fib unud
594 Mahasiswa Ikuti PKKMB Fakultas Ilmu Budaya Unud Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada 10—11 Agustus 2022, bertempat di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.

PKKMB FIB tahun 2022 mengambil tema ‘FIB Unggul dalam Sistem Pendidikan Berkelanjutan’. Acara PKKMB FIB diawali dengan acara pembukaan yang dilaksanakan di Auditorium Widya Sabha Mandala, Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Acara pembukaan dihadiri oleh seluruh jajaran Dekanat, Senat Fakultas Ilmu Budaya, para Ketua Unit, para Kooprodi, Koordinator Tata Usaha beserta Subkoordinator, Ketua Senat Mahasiswa dan BPM, beserta seluruh mahasiswa baru FIB Unud.

Kegiatan PKKMB FIB tahun 2022 diikuti oleh 543 mahasiswa baru dan 51 mahasiswa lama sehingga total peserta adalah 594 mahasiswa. Ketua Panitia PKKMB FIB tahun 2022, Kristiawan, MA. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan PKKMB ini merupakan suatu rangkaian proses pengenalan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru.

“PKKMB merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun akademik untuk mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi dan mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru serta memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi,” ujarnya.

Baca Juga :  FK Unud Dukung Kesinambungan Layanan Kesehatan di RSUD Cendrawasih Dobo

Dekan FIB Unud, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa adalah calon intelektual yang harus bergerak maju.

“Mahasiswa merupakan calon intelektual dan cendikiawan muda yang kehadirannya diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan serta meningkatkan SDM terpelajar dan berpendidikan generasi setelahnya,”ujarnya.

PKKMB hari pertama diisi dengan pengenalan jajaran Dekanat, Ketua Unit, para Koprodi, Koordinator TU dan subkoordinator, serta Senat Mahasiswa dan BPM kepada mahasiswa baru. Acara dilanjutkan dengan ceramah tentang “Sistem Pendidikan di Indonesia” yang disampaikan oleh Dekan FIB Unud, Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum.

Dilanjutkan dengan ‘Aturan dan Kebijakan Akademik’ yang disampaikan oleh Wakil Dekan I FIB Unud, I Nyoman Aryawibawa, Ph.D., ‘Layanan Sarana dan Prasarana dan Persiapan Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi’ oleh Wakil Dekan II FIB, Dr. Ni Made Suryati, serta ceramah terakhir tentang ‘Implementasi MBKM di FIB Unud’ oleh Wakil Dekan III FIB Unud, Dr. Ni Ketut Ratna Erawati. Selain ceramah, acara pada hari pertama juga diisi dengan pengenalan pengisian PDDikti kepada mahasiswa baru, penyampaikan jadwal perkuliahan, pelatihan dan pengisian KRS, serta pengenalan dan sosialisasi organisasi kemahasiswaan.

Baca Juga :  Pengembangan Japanese Language Education Centre, Nippon Academy Jepang Kunjungi Unud

PKKMB hari kedua diawali dengan pengenalan lingkungan kampus serta melihat lebih dekat sarana dan prasarana yang ada di lingkungan FIB Unud. Acara dilanjutkan dengan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkungan FIB Unud, dosen program studi, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), serta sosialisasi berbagai kegiatan kemahasiswaan.

Sebelum acara penutupan, panitia mengumumkan kelulusan peserta PKKMB FIB tahun 2022. Acara penutupan ditandai dengan pelepasan nametag peserta serta pemukulan gong oleh Wakil Dekan I FIB Unud, I Nyoman Aryawibawa, Ph.D. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini