Tabanan
Wujudkan Generasi Muda Yang Sehat dan Berkualitas, Rai Wahyuni Sanjaya Konsen Terhadap Tumbuh Kembang Anak di Kabupaten Tabanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Masa depan bangsa akan ditentukan oleh generasi muda yang memiliki kesehatan dan tumbuh kembang yang optimal. Hal ini menjadi tanggung jawab seluruh pihak baik itu keluarga maupun pemerintah. Karenanya, diperlukan perhatian khusus utamanya pada masa-masa tumbuh kembang.

Hal tersebut diungkapkan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya selaku Bunda PAUD Kabupaten Tabanan, saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Senin (25/7/2022) pagi mendampingi Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM. Sekaligus melihat lebih dekat tumbuh kembang anak yang kedepannya merupakan generasi penting penerus bangsa.

Menurut Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, momen peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Tabanan dirayakan dengan berbagai kegiatan, seperti Pameran UKM dan kuliner serta lomba-lomba yang diperuntukan bagi Anak-anak. Diantaranya, Lomba video kreatif, lomba mewarnai, lomba fashion show, lomba menyanyi, hingga lomba menggambar tingkat PAUD, TK dan SD se-Kabupaten Tabanan yang telah usai pelaksanaannya sebelum puncak perayaan.

“Berbagai lomba yang digelar serangkaian HAN di Kabupaten Tabanan merupakan bentuk perhatian kita terhadap potensi serta kemampuan yang dimiliki anak-anak kita, karena disini mereka diberi ruang untuk mengeksplor kemampuan,” ungkapnya.

Acara yang dihadiri pula oleh anggota DPRD Tabanan, jajaran Forkopimda, Sekda, para Asisten dan OPD terkait, para Camat, serta perwakilan Lembaga dan Instansi Vertikal di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, para Sponsorship, serta undangan terkait lainnya, dipadati oleh ratusan anak-anak yang tampak sangat antusias mengikuti acara.

Ditambahkan, Hari Anak Nasional diharapkan bisa memberikan manfaat bagi anak-anak, sehingga menjadi anak-anak yang memliki sifat-sifat yang baik dengan budi pekerti yang luhur serta berkualitas.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri dan Buka Pelaksanaan Dharma Santi Perayaan Nyepi Saka 1946 Kabupaten Tabanan 2024

“Kalau sudah berkualitas, anak itu akan melanjutkan pembangunan di Kabupaten Tabanan, menuju Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani,” terangnya.

Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM., dalam kesempatan tersebut menyampaikan dukungannya terhadap perayaan HAN di Kabupaten Tabanan. Menurutnya, sebagai tunas dan generasi penerus bangsa, anak-anak harus dilindungi karena perkembangan bangsa dan negara dimasa depan, bergantung pada potensi dan peran penting anak-anak. Untuk itu, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan ini. Terlebih, euforia masyarakat terutama para orang tua khususnya para Ibu yang dengan setia mendampingi anaknya, juga peran serta Bunda Paud, pihak Disdik dan para sponsorship yang telah bekerja keras dan penuh semangat melaksanakan kegiatan.

“Semua kegiatan pasti bisa kita laksanakan dengan penuh kerja keras dan semangat. Tadi saya melihat beberapa tayangan kegiatan yang dilaksanakan kurang lebih seminggu sangat baik sekali, itu menandakan bahwa kita aktif menuju Tabanan Era Baru. Asal ada niat, kuncinya asal ada kemauan, sepanjang kita ada niat, sepanjang kita ada kemauan, apapun bisa kita lakukan,” ucap Sanjaya.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Pitra Yadnya Ring Pura Puseh lan Bale Agung Desa Adat Pacung Penebel

Lebih lanjut, Bupati Sanjaya sangat bersyukur, mengingat kegiatan ini terlaksana dengan baik dan memberikan efek yang luar biasa pada anak, meskipun dengan minim anggaran. Kedepannya, Sanjaya menghimbau kepada seluruh jajaran Pemkab Tabanan agar bersungguh-sungguh, penuh kerja keras memberikan dukungan dalam semua kegiatan yang bertujuan memajukan pembangunan di Tabanan, apalagi menyangkut anak-anak.

“Meskipun diselenggarakan dalam kondisi yang serba terbatas, namun tidak mengurangi makna peringatan HAN ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada orang tua maupun pihak keluarga yang sangat antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir,” imbuhnya.

Disamping itu, Sanjaya juga berharap anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik supaya mampu menjadi penerus yang mempunyai karakter dan jati diri yang baik. Untuk itu, dikatakannya perlu dukungan dan kepedulian dari semua pihak untuk mewujudkan anak-anak yang berkualitas yang nantinya sebagai penerus Indonesia yang lebih maju. Bukan hanya pemerintah dan orang tua, bahkan seluruh elemen masyarakat mempunyai peranan penting dalam bersama-sama bersinergi mewujudkan hal tersebut.

“Oleh karena itu, marilah melalui peringatan Hari Anak Nasional ini, kita semua membimbing anak-anak kita ke jalan yang benar dan mengijinkan mereka untuk menemukan jati diri mereka yang sebenarnya. Para Orang tua perlu memperhatikan anak lebih dalam dan para Guru harus mampu bertanggungjawab sebagai wakil orang tua selama anak-anak berada di lingkungan sekolah. Anak-anak membutuhkan perhatian kita, lebih dari yang kita sadari,” pinta Sanjaya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Sambut Kedatangan Pangdam IX Udayana

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Tabanan Ngurah Darma Utama, yang juga selaku Ketua Panitia, mengatakan, Perayaan sebelum puncak dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 21-25 Juli 2022. Tujuan diselenggarakan adalah sebagai wadah kreativitas anak-anak Tabanan, sehingga mereka dapat menyalurkan hobi, kreativitasnya dalam bentuk yang baik dan bermanfaat serta diharapkan juga melalui kegiatan ini juga dapat memberikan hiburan, informasi serta dukungan orang tua pada anak-anak di Kabupaten Tabanan.

Puncak kegiatan juga diisi dengan berbagai macam hiburan oleh anak-anak berbakat melalui kesenian tari, gerak dan lagu juga senam, juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan bagi Anak-anak Yatim Piatu dan kurang mampu, yang diserahkan secara simbolis oleh Bunda PAUD Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya. Dimana, sumber pendanaan kegiatan juga didukung oleh sponsorship yang sangat peduli dengan perlindungan dan perkembangan anak di Kabupaten Tabanan.

“Atas nama komunitas anak peduli di Kabupaten Tabanan, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Bupati selaku Bunda PAUD Kabupaten Tabanan yang telah menginisiasi, mengeluarkan ide-idenya dalam perayaan HAN ini. Sehingga dalam 5 hari berjalan sudah bisa berjalan dengan baik,” ujar Ngurah Darma, sekaligus menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut memberikan dukungan dan sumbangsih dalam kegiatan ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News