Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negar
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar, I Ketut Suteja Kumara dan Kadisdikpora Kota Denpasar, A.A. Gede Wiratama saat membuka secara resmi pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP di Kota Denpasar yang dipusatkan di SMP Negeri 2 Denpasar, Senin (11/7/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMP di Kota Denpasar yang dipusatkan di SMP Negeri 2 Denpasar, Senin (11/7/2022).

Pembukaan kegiatan yang bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru ini ditandai dengan Pelepasan Balon dan Burung. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar, I Ketut Suteja Kumara, Ketua MKKS SMP Kota Denpasar, I Wayan Murdana, serta Kepala Sekolah SMP Negeri dan Swasta di Kota Denpasar.

Kadisdikpora Kota Denpasar, A.A Gede Wiratama mengatakan, penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan mengenai lingkungan sekolah bagi siswa baru. Hal ini lantaran setiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya.

“Adanya ciri khusus pada setiap jenjang pendidikan menyebabkan beberapa kebiasaan dijalankan sebelumnya perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada pada jenjang pendidikan saat ini yang lebih sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis siswa,” jelasnya.

Baca Juga :  OJK Raih Penghargaan Pengendalian Gratifikasi Terbaik Nasional

Wiratama mengatakan, MPLS yang mengusung tema ‘Melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Kita Wujudkan Sekolah Hebat Menuju Denpasar Maju’ ini dilaksanakan mulai tanggal 11-13 juli 2022, yang kemudian dilanjutkan dengan bakti sosial tanggal 14 juli 2022 dengan kegiatan bakti sosial di lingkungan sekolah. Dimana, sasaran MPLS yakni siswa kelas VII smp baik negeri maupun swasta dengan melibatkan pengurus osis, guru serta intansi terkait.

Harapannya, lanjut Wiratama, dari MPLS ini diharapkan dapat mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan prilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persaudaraan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotang-royong.

Baca Juga :  FHTB 2024 Sukses Digelar, Berhasil Hubungkan Ratusan Jaringan Bisnis

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menjelaskan, sesuai visi dan misi Pemerintah Kota Denpasar yakni ‘Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju’, salah satu misinya meningkatkan kemakmuran masyarakat Kota Denpasar melalui peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan dan pendapatan masyarakat yang berkeadilan. Karenanya, sektor pendidkan menjadi salah satu prioritas utama degan mewujudkan pendidikan di Kota Denpasar yang lebih bermutu, relevansi, berdaya saing, dan terakses merata di setiap wilayah.

“Untuk mewujudkan itu perlu adanya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan pelayanan pendidikan, meningkatkan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru merupakan kegiatan sangat penting bagi peserta didik baru untuk memperkenalkan lingkungan barunya agar diketahui dan dipahami dengan baik, sehingga mereka merasa nyamanv dan aman sebagai peserta didik baru karena diperlakukan dengan baik, wajar, dan ramah oleh seluruh warga satuan pendidikan barunya.

Baca Juga :  Naik Motor Saat Angin Kencang, Wajib Perhatikan Ini Agar Selalu #Cari_Aman

Dikatakan Jaya Negara, pengenalan lingkungan sekolah ini harus bisa memberikan kesan positif dan hangat kepada para perserta didik baru untuk memulai proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan di jenjang pendidikan barunya. Karenanya, dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini diimbau agar dihindari model-model kegiatan yang mengarah pada perpeloncoan.

“Lakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk memotivasi peserta didik agar bersemangat belajar, selain itu kenalkan dan jelaskan tata tertib sekolah agar para peserta didik baru mengetahui hak dan kewajibannya sebagai siswa. Perkenalkan pula berbagai kegiatan ekstrakurikuler di satuan pendidikan sebagai pilihan dalam mengembangkan potensi minat dan bakatnya,” jelasnya.

“Saya berharap agar semua pemangku kepentingan pendidikan di Kota Denpasar  terus bekerja keras, bekerja cerdas, terus berinovasi untuk percepatan kemajuan pendidikan guna mewujudkan generasi muda yang memiliki karakter, religius, nasionalis, gotong-royong, integritas dan mandiri,” imbuhnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News