UGM
UGM Juara Umum 3 Kontes Robot Indonesia 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Tim robot UGM atau Gadjah Mada Robotic Team (GMRT) berhasil meraih juara umum tiga dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2022 yang berlangsung 29 Juni-3 Juli 2022 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

“Prestasi ini sangat membanggakan karena UGM menjadi satu-satunya perguruan tinggi di luar tuan rumah (ITS & PENS ITS) yang menjadi juara umum ke-3,” ungkap Koordinator Pembina GMRT, Dr. Racmat Sriwijaya, Selasa (5/7/2022).

Dalam gelaran kompetisi robot bergengsi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini, UGM berhasil meloloskan lima melaju di tingkat nasional. Sebelumnya GMRT harus bekerja keras dalam babak seleksi wilayah pada 7-13 Juni 2022. Adapun lima tim  robot UGM berasal dari Divisi Kontes Robot ABU Indonesia yang diwakili oleh Tim Heroes, Divisi SAR oleh Tim Al-Fatih , Divisi Sepak Bola oleh Tim  Alfarobi, lalu Divisi Seni Tari oleh Tim Alfan, serta Divisi Tematik oleh Tim H8.

“Raihan tersebut merupakan prestasi membanggakan dan bukti nyata bahwa Tim GMRT telah bangkit dari tahun sebelumnya,” kata Rachmat.

Baca Juga :  Pebalap Bertalenta Astra Honda Siap Banggakan Indonesia di ARRC Buriram

KRI 2022 mengusung 6 divisi perlombaan antara lain Kontes Robot ABU, SAR, Tematik, Seni Tari, Sepak Bola Indonesia Beroda, dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid. Dalam kompetisi tersebut tim robot UGM harus bersaing dengan 121 tim dari 54 perguruan tinggi di Indonesia.

“Melalui riset mendalam, evaluasi tahun sebelumnya, trial and error dan upaya lainnya yang telah dipupuk oleh Tim GMRT akhirnya mampu menghantarkan UGM mnejadi juara umum tiga dengan raihan Tim Alfan sebagai Juara 1 sekaligus Juara Desain dan Artistik Terbaik Divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia,”paparnya.

Baca Juga :  JNE Raih Penghargaan Mitra UMKM pada UMKM Summit Awards 2024

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Dr. Suherman mengapresiasi atas capaian GMRT UGM dalam ajang KRI 2022 ini. Ia berharap kedepan tim robot UGM bisa terus mempertahankan tradisi juara dalam berbagai kompetisi robotik.

“Selamat kepada seluruh komunitas GMRT atas capaiannya di KRI 2022. Terima kasih kepada tim dosen pembina GMRT yang selalu mendampingi mahasiswa dalampengembanagn kreativitas bidang robotik di UGM,”tuturnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News