Tokoh Seni
Tumpek Krulut, Bendesa Adat Tamanbali Serahkan Piagam Penghargaan Kepada Tokoh Seni. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Dalam Rangka perayaan Tumpek Krulut serta mengacu pada Intruksi Gubernur Bali No. 6 Tahun 2022 tentang tata titi perayaan hari Tumpek Krulut, Desa Adat Tamanbali, Bangli, menyelenggarakan salah satu upaya bentuk kasih sayang terhadap para penglingsir tokoh seni yang lahir dan bertumbuh di Desa Adat  Tamanbali diantaranya para tokoh seniman drama gong, seniman tabuh, dan seniman dalang, yang diberikan penghargaan oleh Desa Adat Tamanbali melalui SK Bendesa Adat Tamanbali No : 1/DAT/Kep/VII/2022 tentang Pemberian Penghargaan Tokoh Seni di Desa Adat Tamanbali, penghargaan tersebut diberikan kepada I Wayan Tarma/Dolar (Alm.), A.A. Made Mega Putra (alm.) dan Sang Ketut Arka/ Perak sebagai Tokoh Seniman Drama Gong, A.A Gede Udara (alm.) dan Pande Ketut Cakri sebagai Tokoh Seniman Tabuh, I Nyoman Sucawan dan I Dewa Gede Ngurah Oka sebagai Tokoh Seniman Dalang.

Baca Juga :  Lapas Narkotika Bangli Sabet Sejumlah Penghargaan dari BNNP Bali

Acara yang dipusatkan di Gor Desa Adat Tamanbali pada Sabtu (23/7/2022) tersebut, dihadiri oleh Perbekel Desa Tamanbali, I Nyoman Suargita, SH., Babinsa Desa Tamanbali, Babinkamtibmas Desa Tamanbali, Perangkat Desa Adat Tamanbali Kelian Banjar Adat se-Desa Adat Tamanbali serta undangan lainnya.

Bendesa Adat Tamanbali, Sang Kompiang Suarjaksa, SH., dalam sambutannya mengatakan, langkah kedepan yang akan dilaksanakan dalam perayaan Tumpek Krulut melalui RKT yang akan disusun di tahun 2023 serta dokumen perencanaan, Desa Adat Tamanbali akan menginventarisir tokoh-tokoh masyarakat yang berprestasi di bidang seni, kepemudaan dan olahraga serta bidang akademik

“Nantinya secara bergilir dan berkelanjutan akan diberikan penghargaan dalam upaya menjaga, melestarikan serta mengharumkan nama Desa Adat Tamanbali,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Apresiasi Turnamen Voli Laksana Umbara Cup II

Selain itu, Desa Adat Tamanbali juga melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan bersama empat sekolah yang ada di wewidangan Desa Adat Tamanbali, diantaranya SMKN 3 Bangli, SMPN 3 Bangli, SDN 1 Tamanbali, dan SDN 2 Tamanbali yang bertempat di Lapangan Kilobar Desa Tamanbali. Serta sebagai wujud bhakti Tumpek Krulut, Desa Adat Tamanbali melaksanakan persembahyangan di Pura Bale Agung Desa Adat Tamanbali dengan tujuan keharmonisan hubungan antara Manusia dengan Tuhan, Manusia dengan Manusia serta Manusia dengan Alam sesuai konsep Tri Hita Karana.

Sementara itu salah satu perwakilan tokoh seni tabuh, Pande Ketut Cakri, dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kegiatan yang sudah diselenggarakan oleh Desa Adat Tamanbali.

Baca Juga :  Tri Hita Karana Road to G20 Dialogue, Budi Sadikin dan Sandiaga Uno Mendukung Pusat Kesehatan Bertaraf Internasional di Bali 

“Kami berharap selalu bisa berkontribusi terhadap pelestarian budaya maupun seni yang ada di Desa Adat Tamanbali, selalu mendapat dukungan dari masyarakat, Pemerintah Desa Adat dan Desa Dinas serta mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bangli dalam upaya pelestarian seni dan budaya Bali,” ujar Pande Cakri yang juga merupakan pensiunan guru seni di SMPN 1 Bangli.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini