ftp unud
Tim Dosen FTP Unud Beri Pelatihan Teknis Produksi dan Standarisasi Produk Olahan Rumput Laut di Desa Kutuh. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana (FTP Unud) beri pelatihan teknis produksi dan standarisasi produk olahran rumput laut di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Kegiatan ini merupakan Realisasi Kerjasama antara Fakultas Teknologi Pertanian dan  Dinas perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung. Sebelumnya juga telah dilaksanakan Pelatihan Teknis Produksi dan atau Standardisasi Produk di Kelurahan Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung yang diikuti oleh Kelompok IKM Amerta Jaya, Sading.

Kali ini, Pelatihan Teknis Produksi dan Standarisasi Produk Olahan Rumput Laut di Desa Kutuh telah dilaksanakan pada Jumat (22/7/2022) yang diikuti oleh KWT Mekar sari dan Merta Nadi. Pada kegiatan ini Dosen Fakultas Teknologi Pertanian yaitu  Ni Made Indri Hapsari Arihantana, S.TP., MP., Cokorda Anom Bayu Sadyasmara, S.TP., M.Sc. dan Ir. I Gusti Ketut Arya Arthawan, M.Fd.Eng., sebagai narasumber kegiatan.

Materi pelatihan yang diberikan adalah Teknik produksi, pengetahuan bahan, pengetahuan alat, pengetahuan proses produksi dan teknologi, praktek proses produksi, standarisasi produk yang meliputi kebijakan tentang standarisasi di Indonesia, fungsi dan manfaat standarisasi produk, jenis standarisasi produk, persyaratan masing-masing standarisasi produk dan proses ataupun mekanisme pengajuan standarisasi produk yang di fokuskan pada komiditi rumput laut yang menjadi komoditi unggulan dari Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung.

Baca Juga :  Peringati HUT Ke-38, FTP Unud Gelar Agritech Peduli

Ni Made Indri Hapsari Arihantana, S.TP., MP. sebagai perwakilan dari narasumber melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan yaitu memberikan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan para anggota KWT dalam melaksanakan proses produksi sesuai prosedur yang telah diinformasikan dan diharapkan memahami persyaratan-persyaratan standar produk yang berlaku.

“Sasaran dari kegiatan ini adalah peserta pelatihan nantinya diharapkan memiliki kemampuan berproduksi yang baik dan benar sehingga dapat menghasilkan produk yang berkualitas khususnya pengolahan komiditi rumput laut yang menjadi komiditi unggulan dari Desa Kutuh,” pungkasnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini