Sekda Wayan Adi Arnawa
Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri acara pendalaman dan pendampingan terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan mempercepat implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Rabu (27/7/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung menghadiri acara pendalaman dan pendampingan terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan mempercepat implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) bertempat di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Rabu (27/7/2022).

Acara yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung ini turut dihadiri Direktur Wilayah I Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Rudi Anton, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, I.B Gede Arjana, Asisten Administrasi Umum, Cokorda Raka Darmawan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Badung, Ni Wayan Kristiani, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Badung beserta para peserta bimtek di masing-masing desa dan kecamatan se-Badung.

Baca Juga :  Ciptakan Generasi Tangguh dan Mandiri, Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda

Sekda Adi Arnawa dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan pendalaman dan pendampingan terkait SPBE sekaligus mempercepat implementasi SRIKANDI sesuai dengan implementasi peraturan presiden Nomor 95 Tahun 2018, terkait Percepatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Untuk itu Sekda meminta seluruh jajaran Pemerintahan Kabupaten Badung tanpa terkecuali untuk benar-benar melaksanakan apa yang di dapat dalam sosialisasi yang dilaksanakan ini. Pihaknya juga memastikan bahwa semua tata kelola kearsipan di Pemerintahan Kabupaten Badung benar-benar berbasis elektronik.

“Disamping itu, kita harus tahu tujuan dari kearsipan, karena arsip merupakan dokumen penting,” terangnya.

Baca Juga :  Provinsi Bali Kembali Memperoleh Predikat Angka Prevalensi Stunting Terendah Se-Indonesia

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Badung, Ni Wayan Kristiani selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi, pendampingan, dan pendalaman materi terkait SPBE untuk mempercepat implementasi SRIKANDI ini, bertujuan untuk menyelaraskan dan menyatukan persepsi serta memperluas pengetahuan atas aplikasi SRIKANDI yang nantinya akan di terapkan di lingkungan pemerintahan Kabupaten Badung. Disamping juga membangun kesadaran pentingnya mengelola arsip secara elektronik, membangun penyelenggaraan tertib arsip, menjamin terciptanya arsip di daerah, agar dapat mewujudkan pengelolaan arsip yang lebih baik sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tentunya guna mengefisiensi dan efektivitas kerja serta penyelamatan informasi arsip dari pihak-pihak yang tidak berhak untuk mengetahuinya.

“Aplikasi SRIKANDI ini telah diluncurkan menjadi aplikasi umum bidang kearsipan pada sistem pemerintahan berbasis elektronik. Dalam aplikasi SRIKANDI, setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik sehingga menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa,” terangnya.

Baca Juga :  Grup Astra Bali Gelar Buka Puasa Bersama Awak Media, Jalin Silaturahmi Menjelang Lebaran

Seusai pelaksanaan acara pendalaman dan pendampingan SPBE, sekaligus mempercepat Implementasi SRIKANDI, Sekda Adi Arnawa menyerahkan cinderamata kepada Direktur Wilayah I ANRI, Rudi Anton untuk mempererat tali silaturahmi antara Pemkab Badung dengan ANRI.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News