Denpasar
Rayakan HUT Ke-60 Tahun PWRI Siap Berpartisipasi Pembangunan di Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Ketua K3S Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Sekretariat Daerah Kota Denpasar Kota Denpasar, A.A Gede Risnawan mewakili Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara  hadiri Puncak HUT ke-60 tahun Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Denpasar di Kantor PWRI Provinsi Bali, Selasa (26/7/2022).

Dalam kesempatan itu  Asisten II Sekda Kota Denpasar, A.A Gede Risnawan mengatakan, PWRI merupakan wadah dari para werda atau lanjut usia pensiunan pegawai sipil yang masih diharapkan oleh Pemerintah Kota Denpasar turut memberikan andil dalam pembangunan yang diperuntukan khususnya bagi kelompok lanjut usia itu sendiri. Menjadi lanjut usia merupakan bagian dari proses kehidupan yang harus kita lalui. Memperingati Hari Ulang Tahun PWRI seperti yang dilaksanakan pada hari ini, selain merupakan penghormatan kepada para werda juga merupakan budaya bangsa, serta sebagai penghargaan atas prestasi dan pengabdian yang telah beliau berikan baik kepada keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Wujudkan Keanggotaan yang Berperan Aktif dan Berkontribusi, Pj Gubernur Bali Kukuhkan Kepengurusan PWRI Provinsi Bali 2024-2029

”Memperingati Hari Ulang Tahun seperti hari ini yang dilaksanakan oleh PWRI adalah untuk mengingatkan kepada kita semua mengenai nilai-nilai historis dan strategis serta mengevaluasi keberadaan dari organisasi itu sendiri,” ungkap Risnawan.

Hal itu sesuai dengan tema HUT PWRI ke-60 tahun ini yakni ‘Kita pertahankan kualitas kesehatan, membangkitkan semangat wredatama mencapai kesejahteraan’. PWRI membingkai perbedaan dan mempertahankan keharmonisan berorganisasi untuk Indonesia Maju.

Meskipun secara alami proses menjadi tua mengakibatkan para werda atau lanjut usia mengalami kemunduran fisik, mental dan sosial namun dibalik keadaan itu terdapat potensi yang masih mungkin untuk didayagunakan karena kemunduran yang dialami tidak berarti bahwa potensi yang dimiliki menjadi pupus sama sekali.

Menurut Risnawan segala keahlian, kemampuan, keterampilan, pengalaman dan kearifan yang telah diperoleh dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dapat menjadi teladan bagi generasi muda.

Baca Juga :  Melalui Dharma Santhi Nyepi Tahun Saka 1946, Sekda Dewa Made Indra Ajak Industri Jasa Keuangan Tingkatkan Soliditas

“Untuk itu atas nama Pemerintah Kota Denpasar saya mengucapkan terima kasih banyak kepada para lanjut usia yang tergabung dalam PWRI maupun wadah lain yang telah banyak menyumbangkan saran/pemikiran dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Denpasar,” ungkapnya.

Ketua Panitia Nyoman Romo Wijaya AK mengatakan, dalam memperingati HUT PWRI ke-60 pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan pertama tanggal 14 Mei 2022 bertepatan Hari Purnama pihaknya melaksanakan Maturan Piuning di hadapan pelinggih PWRI. Tanggal 15 Mei 2022 melaksanakan Dharma Yatra ke Pura Tirta Empul Mertasari, tanggal 28 Juni 2022 melaksanakan gerak jalan santai dilanjutkan kegiatan bakti membersihkan lingkungan serta menghias gedung, tanggal 30 Juni 2022 dilaksanakan lomba joged bumbung berpasangan, tanggal 5 Juli 2022 dilaksanakan lomba mekidung, tanggal 6 Juli 2022 dilaksanakan lomba senam, tanggal 12 Juli 2022 dilaksanakan lomba paduan suara.

Baca Juga :  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar Musnahkan 96 Box Arsip

“Untuk puncaknya dirayakan hari ini dengan digelar upacara pemotongan tumpeng dan pertunjukan Geguntangan, dan Tari Pendet,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, peran PWRI Kota Denpasar adalah untuk membantu pemerintah untuk memberikan saran-saran untuk pembangunan di Kota Denpasar. Salah satu saran yang telah diberikan adalah mengenai sistem pengobatan di Rumah Sakit Wangaya untuk Hepatitis B, dimana dulunya dilaksanakan seminggu dua kali kini bisa dilaksanakan saban hari dilaksanakan. Selain itu sebagai anggota PWRI pihaknya juga ikut turun membantu membagikan masker kepada masyarakat saat pandemi Covid-19 menghadapi kasus tinggi. Tidak hanya itu anggota PWRI Kota Denpasar juga ada yang aktif di setiap kecamatan.  Ia menambahkan, keanggotaan PWRI Kota Denpasar berjumlah 1.589 orang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News