Safety Riding
Rangkaian Hari Anak Nasional, Ajak Anak Usia Dini Kenalkan Selalu #Cari_Aman. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Menggunakan sepeda motor untuk transportasi merupakan pemandangan yang dapat kita lihat sehari-hari. Selain bisa menggunakan sepeda motor, edukasi keselamatan berlalu lintas wajib dipahami seluruh masyarakat.

Memperkenalkan keselamatan di jalan raya merupakan salah satu kewajiban moral yang harus ditularkan Astra Motor Bali sebagai pelopor keselamatan berkendara kepada masyarakat. Pemahaman tentang keselamatan berkendara baiknya diberikan sejak dini pada anak–anak sehingga bisa membentuk sebuah kebiasaan yang selalu mengutamakan keselamatan.

Turut memeriahkan rangkaian Hari Anak Nasional, Astra Motor Bali melalui team safety riding mengenalkan selalu #Cari_Aman kepada anak usia dini pada Senin (25/7/2022), berlokasi di Taman Kanak-kanak Pratama Widya Pasraman (PWP) Rare Semesta di Desa Besakih Karangasem.

Diikuti 71 anak yang merupakan siswa dari taman kanak-kanak Rare Semesta materi dikemas dengan metode berdongeng dengan mengenalkan tanda-tanda rambu lalu lintas dan pengenalan cara menyeberang jalan.  Pemahaman akan rambu-rambu lalu lintas dikenalkan kembali mulai arti warna lampu lalu lintas dan persiapan untuk menyeberang jalan dengan teknik 4T (Tunggu sejenak, Tengok kiri, Tengok kanan, Tengok kiri lagi) serta mengingatkan penggunaan helm untuk pembonceng khsusnya anak-anak.

Baca Juga :  LPD Geriana Kangin Disatroni Maling, Dua Komputer Lenyap, Uang Ratusan Juta Dalam Brangkas Selamat

Antusiasme sangat terlihat ketika mengikuti games dan kuis yang dibawakan oleh instruktur dengan diberikan hadiah games menarik.

Instruktur Safety Riding Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius mengatakan bahwa pentingnya selalu #Cari_Aman untuk anak usia dini karena pada usia tersebut daya serap mereka akan ilmu lebih besar dan pembentukan kebiasaan masih cukup mudah sehingga harapannya pendidikan Safety Riding ini bisa dimulai dari lingkungan terdekat mereka. Walaupun sebagai anak yang dibonceng oleh orang tua. Semua pengguna jalan raya semua wajib memiliki peran yang penting untuk mewujudkan keselamatan berkendara.

Baca Juga :  Karangasem Diguncang Tujuh Kali Gempa Tektonik

Corporate Communication Astra Motor Bali, Sri Mayuni, dalam sambutannya mengatakan, di hari anak ini dari Honda sebagai pelopor keselamatan berkendara ingin menjadi bagian untuk perkembangan anak-anak.

“Pengenalan keselamatan berkendara untuk usia dini sangat penting, meskipun sebegai pembonceng namun wajib juga mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Safety Riding,” ucap Sri Mayuni.

Ditambahkan lagi bahwa Safety Riding bukan hanya untuk pengendara saja namun sebagai pejalan kaki pun wajib mengetahui rambu-rambu lalu lintas dan hal-hal penting saat berjalan kaki di jalan raya misal jika ingin menyeberang jalan.

“Kami berharap edukasi Safety Riding yang kami tularkan ini membawa kebiasaan positif bagi anak-anak untuk selalu mengingatkan orang tuanya agar menggunakan helm dan jaket apabila mengendarai sepeda motor untuk menghindari kecelakaan, dan sebagai pembonceng juga mengetahui posisi yang baik dan benar saat dibonceng agar selalu #Cari_Aman,” ungkap Mayuni.

Baca Juga :  Jenazah Cok Sawitri Dikremasi di Krematorium Bebalang

Sebagai pelopor keselamatan berkendara, Honda aktif dengan kegiatan pengenalan Safety Riding sebagai salah satu upaya menanamkan benih pemahaman, mulai dari diri sendiri hingga bisa menularkan kepada keluarga, kerabat dan teman sehingga dapat menjadi pengendara motor yang berperilaku tertib dan aman, hal ini juga secara tidak langsung dapat turut menyebarkan pesan berkendara yang baik dan aman. Tidak hanya penting #Cari_Aman, namun Cari Sehat pun wajib diperhatikan dengan selalu konsisten menggunakan masker saat berada di luar rumah.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News