fapet unud
Putra Wibawa Raih Gelar Doktor Ilmu Peternakan Fapet Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Peternakan Universitas Udayana, kembali melahirkan seorang Doktor di bidang Ilmu Peternakan, Anak Agung Putu Putra Wibawa merupakan Dosen Fakultas Peternakan Universitas Udayana, melalui ujian terbuka promosi doktor yang dipimpin Ketua Sidang, Dekan Fakultas Peternakan Universitas Udayana Dr. Ir. I Nyoman Tirta Ariana, MS., IPU., Selasa (26/7/2022).

Tim Promotor terdiri dari Prof. Dr. Ir. I Gst. Nym. Gde. Bidura, MS.,IPU., ASEAN Eng., Prof. Dr. Ir. I Ketut Sumadi, MS., IPU., dan Dr. Ir. Ni Wayan Siti, M.Si. Promosi Doktor pada hari ini menghadirkan 6 orang dosen penyanggah dan 4 orang dosen undangan akademik dari Fapet Unud. Disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul ‘Performa Produksi dan Karakteristik Karkas Itik Bali (Anas sp.) yang Diberi Tepung Daun Wortel (Daucus carota L.) dalam Ransum’.

Baca Juga :  Ambyar Team FEB Unud Terbaik 3 Kompetisi Bisnis Tingkat Nasional

Hasil penelitian disertasi mendapatkan novelty bahwa penggunaan 6% tepung daun wortel dalam ransum itik bali jantan dari umur 2-8 minggu dapat meningkatkan tinggi villi dan kripta usus itik.

“Serta menekan jumlah bakteri Eschericia coli dan Coliform, yang berdampak pada peningkatan performans, karakteristik karkas, dan efisisensi pakan,” papar A.A. Pt. Putra Wibawa.

Tujuannya dari penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan performa dan karkas itik bali jantan umur 2-8 minggu, menurunkan jumlah lemak abdomen dan kolesterol serum darah itik bali jantan, meningkatkan villi usus itik bali jantan, dan menurunkan jumlah E. colli dan coliform dalam saluran pencernaan. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini