Gertak PSN
Gertak PSN kelurahan Sumerta pada Kamis (28/7/2022) pagi dipusatkan di sejumlah lokasi di antaranya lingkungan Banjar Abian Kapas Kelod, Banjar Abian Kapas Tengah dan Banjar Abian Kapas Kaja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR –  Gerakan Serentak (Gertak) Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Kelurahan Sumerta pada Kamis (28/7/2022) pagi dilakukan di sejumlah lokasi di antaranya lingkungan Banjar Abian Kapas Kelod, Banjar Abian Kapas Tengah dan Banjar Abian Kapas Kaja Kaja serta Banjar Ketapian Kaja. Dalam giat tersebut tenaga yang terjun berasal dari Puskesmas 1 Denpasar Timur.

Petugas Puskesmas 1 Dentim, Ni Wayan Suryastini saat dihubungi terpisah mengatakan tujuan kegiatan Gertak PSN di Kelurahan Sumerta ini untuk mencegah peningkatan penyakit demam berdarah di wilayah yang dinaungi oleh Puskesmas 1 Dentim.

“Gertak PSN ini di lakukan secara bergilir di setiap desa/kelurahan di Kota Denpasar,” jelasnya.

Ditambahkannya, jumlah tenaga yang terjun dalam kegiatan ini kurang lebih 40 orang tenaga jumantik dari Puskesmas 1 Denpasar Timur.

“Sementara, jumlah rumah diperiksa sekitar 178 Rumah atau KK dimana tim terjun kerumah rumah penduuduk untuk memeriksa jentik di setiap tempat penampungan air sekaligus membina jumantik mandiri. Di Banjar Abian Kapas Tengah Angka Bebas Jentik (ABJ) sebesar 95,33%. Di Banjar Abian Kapas Kaja ABJ sebesar 100%, di Banjar Ketapian Kaja ABJ sebesar 96.67% serta di Banjar Abian Kapas Kelod ABJ sebesar 97%,” katanya.

Lebih lanjut dia mengajak kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sehingga bisa mengurangi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegyti.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini