MyPertamina
Program Subsidi Tepat MyPertamina di Bali, Ajak Pengendara Blue Bird untuk Mendaftarkan Kendaraannya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka memastikan ketepatan sasaran subsidi kepada masyarakat, PT Pertamina Patra Niaga di wilayah Jatimbalinus mengajak para pengendara taksi plat kuning untuk mendaftarkan kendaraannya pada program subsidi tepat MyPertamina. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah bekerja sama dengan PT Blue Bird Tbk area Bali melakukan pendaftaran secara offline bertempat di Kantor Blue Bird, Badung, Bali.

“Taksi konvensional atau plat kuning merupakan salah satu pihak yang berhak menggunakan BBM penugasan karena sifatnya yang merupakan moda transportasi umum masyarakat. Tentu dengan dilakukan pendaftaran taksi plat kuning akan mempermudah ketepatan penyaluran BBM subsidi dan penugasan nantinya,” ujar Area Manager Communications, Relations & CSR Patra Niaga Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani dalam keterangan persnya pada Rabu (13/7/2022).

Sementara itu, Vice president Marketing and Communication dan General Manager Group Area Bali Lombok PT Blue Bird Tbk, Putu Gede Panca Wiadnyana, mengatakan bahwa pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Pertamina sejak pertama kali MyPertamina diperkenalkan ke publik.

“Para Pengemudi membeli BBM selama ini dengan aplikasi Mypertamina dan Pertamina area Bali pun support penggunaan aplikasi tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Siap Dukung "Lomba Mancing Air Deras" Desa Padangsambian Klod

Dengan kerja sama antara pihak Pertamina dengan Bluebird di area Bali diharapkan program subsidi tepat ini dapat berjalan lancar terutama subsidi kepada para pengguna yang berhak tepat sasaran.

“Terdapat kurang lebih 1.000 armada blue bird di area Bali, tentunya dengan jumlah tersebut kami memastikan keseluruhannya akan mengikuti program subsidi tepat sehingga jika nanti diimplementasikan tidak terjadi kendala di lapangan,“ tambah Deden.

Tingginya antusiasme masyarakat untut turut serta dalam pendaftaran subsidi tepat BBM di beberapa Kota dan Kabupaten yang dilakukan semenjak 1 Juli 2022 kemarin, membuat Pertamina melakukan perluasan pendaftaran subsidi tepat melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id di seluruh Indonesia dan 6 diantaranya berada di wilayah Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus. Keenam wilayah tersebut yaitu Kabupaten Badung di Provinsi Bali, Kota Madiun, Kota Malang dan Kota Mojokerto di Provinsi Jawa Timur, Kota Mataram di Provinsi NTB serta Kabupaten Timor Tengah Utara di Provinsi NTT.

“Dari 13 Kota dan Kabupaten secara nasional yang dilakukan pendaftaran subsidi tepat pada 1 Juli 2022 kemarin, telah masuk sebanyak lebih dari 90.000 data kendaraan melalui website subsiditepat.mypertamina.id tersebut. Dan kemarin pada tanggal 11 Juli 2022 dilakukan perluasan pendaftaran subsidi tepat di 37 Kota serta Kabupaten di Indonesia termasuk Kabupaten Badung di Bali, Kota Mataram di NTB, Kabupaten Timor Tengah Utara di NTT, Kota Madiun, Kota Mojokerto dan Kota Malang di Jawa Timur,” ujar Deden.

Baca Juga :  Gandeng Berbagai Elemen Masyarakat, Kelurahan Sumerta Gelar Pemantaun Jaga Kamtibmas Menjelang Idul Fitri

Pada tahap ini, pendaftaran fokus untuk melakukan pencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki. Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR Code Unik yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website https://subsiditepat.mypertamina.id. Untuk kemudahan masyarakat, QR Code bisa dicetak dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa telepon genggam ke SPBU. Mekanisme ini pun masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat (mobil) dan belum untuk kendaraan roda dua.

“Pada masa pendaftaran dan transisi ini, masyarakat masih tetap bisa membeli Pertalite dan Solar tanpa menggunakan QR code tersebut, namun kami tetap mendorong masyarakat agar mendaftarkan kendaraan dan identitasnya. Kami juga tegaskan kembali, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar di website https://subsiditepat.mypertamina.id, dan ini khusus untuk kendaraan roda empat saja,” kata Deden.

Baca Juga :  Diikuti 1.730 Atlet Pelajar, Wawali Arya Wibawa Tinjau Porsenijar Esport di Denpasar

Booth registrasi offline di beberapa titik di Bali, sebagai berikut:

  1. SPBU 5180330 Hayam Wuruk
  2. SPBU 5480138 Marlboro
  3. SPBU 5480317 Teuku Umar
  4. SPBU 5482213 Jembrana
  5. SPBU 5482117 Kediri Tabanan
  6. SPBU 5480607 Bangli
  7. SPBU 5481102 Buleleng
  8. SPBU 5482202 Gilimanuk, Jembrana
  9. SPBU 5482102 Tabanan
  10. Kantor Pertamina Cabang Bali Denpasar
  11. SPBU 5480504 Gianyar

Deden memastikan pelaksanaan pendaftaran melalui website bukan untuk menyulitkan masyarakat, namun untuk melindungi masyarakat rentan yang sebenarnya berhak menikmati subsidi energi.

“Tujuan pendataan ini tidak lain adalah untuk melindungi masyarakat rentan, memastikan subsidi energi yang tepat sasaran sehingga anggaran yang sudah dialokasikan Pemerintah benar-benar dinikmati yang berhak. Ke depan kami harap, data ini bisa digunakan untuk menetapkan kebijakan energi bersama pemerintah serta dapat mencegah potensi terjadinya potensi penyalahgunaan atau kasus penyelewengan BBM subsidi di lapangan,” pungkas Deden.

Untuk diketahui, sesuai Kepmen ESDM No. 37.K/HK.02/MEM.M/2022 Pertalite ditetapkan sebagai BBM Penugasan oleh Pemerintah. Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran subsidi tepat sasaran menggunakan sistem MyPertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi @ptpertaminapatraniaga dan @mypertamina.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News