pascasarjana unud
Pascasajarana Unud mempelajari Inovasi Penerimaan Mahasiswa Baru dan Akreditasi Internasional AQAS Prodi Pascasarjana UB. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MALANG – Untuk meningkatkan kualitas input dan memperkaya proses pembelajaran serta internasionalisasi, Pascasarjana Universitas Udayana, melakukan kunjungan ke Sekolah Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang.

Kunjungan ini di laksanakan oleh Direktur Pascasarjana Universitas Udayana Prof. Ir. Linawati, M.Eng.Sc.,Ph.D beserta rombongan pada tanggal 30 Juni 2022. Rombongan Pascasarjana Universitas Udayana diterima dengan ramah oleh Plh Direktur Sekolah Pascasarjana Univ. Brawijaya Dr. Ir. Anthon Efani, MP beserta jajaran. Dr. Ir. Anthon Efani, MP menyampaikan ucapan selamat datang.

“Terima kasih atas diterimanya rombongan kami di Sekolah Pascasarjana Brawijaya,” ucap Prof. Ir. Linawati, M.Eng.Sc., Ph.D., serta menjelaskan profil Pascasarjana Universitas Udayana.

Dalam penjelasannya, Dr. Ir. Anthon Efani, MP menyatakan bahwa Universitas Brawijaya baru saja transisi dari BLU ke BH dan Rektor baru. Serta baru menjalankan asesmen akreditasi internasional AQAS untuk 65 prodi yang menelan biaya hamper Rp 70 milyar.

Baca Juga :  Peluncuran Program TPAKD Kota Denpasar: Kredit/Pembiayaan Sektor Prioritas Pertanian, Simpanan Pelajar, dan UMKM Bali Nadi Jayanti

Pascasarjana Universitas Brawijaya adalah pengelola prodi multidisiplin sementara prodi monodisiplin dikelola fakultas. pada Prodi multidisiplin dibagi menjadi MINAT. Untuk menjaring mahasiswa baru, Pascasarjana Universitas Brawijaya  melakukan kerjasama misalnya BMKG dan Bappenas serta melakukan Program Fast-track lulusan S1 UB melanjutkan S2/S3 di UB dengan pembiayaan internal dari UB. selain itu Promosi penerimaan mahasiwa baru melalui Digital Marketing, Social Media, dll.

“Penerimaan mahasiswa baru, UB menawarkan program Reguler I, II, dan III untuk semua program studi yang ada di Pascasarjana,” ucapnya.

Baca Juga :  Bertema "Utsaha Jana Kerthi", Omed-Omedan Festival Kembali Digelar Tahun Ini

Terdapat perbedaan layanan waktu pembelajaran dan fasilitas untuk ketiga program regular tersebut. Penerimaan mahasiswa baru pascasarjana UB dibuka sepanjang tahun.

Lebih lanjut dari Prof. Ir. Linawati, M.Eng.Sc., Ph.D., menjelaskan Pascasarjana Unud memiliki 4 Program Studi yaitu S2 Ilmu Lingkungan, S2 Ergonomi Fisiologi Kerja, S3 Ilmu Lingkungan, dan Program Profesi Insinyur serta S2 Hukum Kesehatan dan S2 Pembangunan dan Keuangan Berkelanjutan dalam proses pembukaan. Pascasarjana Unud akan menerapkan by course and research. untuk program profesi insinyur menggunakan jalur RPL dan Reguler. selain itu Pascasarjana memiliki Program Join/Double Degree yang bekerjasama dengan Yamaguchi University. Pascasarjana akan segera menerapkan Program PJJ.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Terima Penghargaan Top Pembina BUMD 2024

“Pascasarjana Unud akan mempelajari lebih lanjut mengenai inovasi penerimaan mahasiswa baru dan akreditasi internasional pada Prodi Pascasarjana UB agar dapat diterapkan pada Pascasarjana Unud,” ucapnya.

Pertemuan dilanjutkan dengan tanya jawab mengenai proses pengelolaan Program, pengembangan kurikulum, pelaksanaan promosi, kerjasama pendidikan, pengembangan riset dosen dan mahasiswa, dan komposisi dosen pengampu. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News