Metatah Massal
Metatah Massal di Gria Agung Pasek Giri Kusuma Jati. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Suasana di Gria Agung Pasek Giri Kusuma Jati yang terletak di Banjar Bukian, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung, begitu ramai. Mereka sedang mengikuti kegiatan metatah massal yang digelar oleh Pasraman Giri Candrika Santih bekerja sama dengan Gria Agung Pasek Giri Kusuma Jati, Jumat (29/7/2022) pagi.

Kegiatan Metatah Masal tersebut diikuti oleh 26 peserta, yang berasal dari Banjar Bukian 21 orang dan dari Banjar Tinggan 5 orang.

Meski digelar secara massal, namun ritual ini tidak mengurangi makna dari esensi Upacara Metatah tersebut. Hal itulah yang disampaikan Ida Pandita Mpu Siwa Lingga Widya Parama Santika dari Gria Agung Pasek Giri Kusuma Jati.

Menurutnya, tidak ada perbedaan antara metatah massal dibandingkan dengan upacara yang dilaksanakan secara mandiri. Terlebih, pelaksanaan metatah massal bisa dilakukan dengan biaya yang minim. Sehingga peserta metatah massal merasa diringankan secara biaya.

Baca Juga :  Jaya Negara Nyangging Massal di Desa Adat Pedungan

“Sesungguhnya tidak ada perbedaan antara metatah massal dengan metatah secara mandiri. Karena esensinya sama. Maknanya sama. Tetapi, pelaksanaan masal ini justru bisa membantu banyak orang, karena diringankan dari segi biaya,” tutupnya.(*/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini