Tabanan
Lantik Pengurus Ranting Gerakan Pramuka 2022-2025, Bupati Tabanan Harap Generasi Muda Mampu Hadapi Tantangan Yang Semakin Kompleks. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam rangka mewujudkan Visi menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani dibutuhkan peran serta dari semua lini, di dalamnya termasuk peran serta Pramuka. Melalui gerakan Pramuka, diharapkan generasi muda yang terlibat di dalamnya mampu menghadapi tantangan yang semakin kompleks di tengah maraknya perkembangan teknologi informasi. Hal tersebut diungkapkan Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya., S.E., M.M yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Tabanan saat Melantik Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Se-Kwartir Cabang Tabanan Masa Bakti 2022-2025 dan serta Pelantikan Satgas Pramuka Peduli, Pusdiklatcab, Saka-saka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tabanan Masa Bakti 2020-2025, Minggu (24/7/2022).

Berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, dalam pelantikan para pengurus yang dilantik pagi itu, nampak juga menghadiri, Sekda selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Tabanan, Jajaran Forkopimda, OPD selaku Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Tabanan, Pimpinan Satuan Karya Gerakan Pramuka Kwarcab Tabanan, Para camat di Kabupaten Tabanan selaku Kamabiran Gerakan Pramuka Se-Kabupaten Tabanan, serta Kapusdiklatcab dan Satgas Pramuka Peduli.

Baca Juga :  Peringati Hari Koperasi Ke-75, Bupati Tabanan: Pulihkan Ekonomi Melalui Koperasi

Sebanyak 40 kandidat terlantik dalam Lembaga-lembaga Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tabanan Tahun 2022 pagi itu, dengan disaksikan sebanyak 300 anggota dari perwakilan tiap ranting dan Satuan Karya Pramuka Tabanan. Bupati Sanjaya sampaikan selamat dan berpesan agar para terlantik dapat bekerja dengan tulus ikhlas, bertanggung jawab dan mengemban tugas dengan baik kedepannya, tentunya pihaknya juga sampaikan ungkapan terima kasih kepada para pengurus yang telah melewati masa tugas.

Melalui kepengurusan yang baru, besar harapan agar dapat membawa Gerakan Pramuka Kabupaten Tabanan untuk dapat berkontribusi dalam mempercepat pencapaian Visi Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, terlebih dalam mengantisipasi tantangan dan permasalahan generasi muda yang semakin luas dan kompleks, termasuk kemajuan teknologi informasi yang cepat di era globalisasi.

“Saya berharap Gerakan Pramuka bisa tampil menyingkapi hal ini, pergunakan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka guna membentuk karakter Anak Tabanan yang Tangguh, Unggul, Terampil dan Melek Teknologi, dan kegiatan pramuka dapat memaksimalkan potensi itu, salah satunya adalah dengan menggaungkan terus moto Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Baktikan” Papar Ketua Mabicab, Sanjaya.

Moto tersebut dimaksudkan untuk menegaskan kembali, tujuan hadirnya pramuka adalah selaras dengan harapan pemerintah dan masyarakat yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan manusia yang unggul, berkarakter, beradab dan berprestasi.

Baca Juga :  Buka Gashuku Karate, Bupati Tabanan Harapkan Karateka Mampu Berkiprah di Ajang Bergengsi

Di kesempatan itu, orang nomor satu di Tabanan itu juga berpesan terkait beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam Gerakan pramuka. Diantaranya untuk mensegerakan konsolidasi organisasi baik di tingkat cabang, kecamatan sampai di gugus depan, hal ini dimaksudkan untuk pembenahan organisasi, karena hanya dengan orgaisasi yang sehat maka kegiatan kepramukaan akan berhasil. Selanjutnya untuk memperbanyak kegiatan pramuka yang bersifat rekreasi edukatif dan sarana pembinaan yang menitikberatkan pada kegiatan persaudaraan demi kerukunan dan perdamaian.

“Kepada Para Pembina dan Pembimbing saya harapkan untuk senantiasa mengajak peserta didiknya untuk tampil segar, berbahagia, sehat dan bersahabat melalui kegiatan menyenangkan, ceria, terampil dan berbudaya, karena hanya melalui pendekatan yang edukatif dan mengedepankan seni budaya, maka pengaruh negative globalisasi dapat kita tangkal” Pihaknya menerangkan.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Salut dan Dukung Kreativitas dan Inovasi Rangkaian Kegiatan HUT ke-101 Desa Gubug

Lebih lanjut, Sanjaya juga berharap pramuka Tabanan kedepan akan mampu melaksanakan tugas dengan inovatif, kreatif sesuai dengan masa kekinian di era milenial.

“Adik-adik Pramuka sebagai generasi penerus bangsa dan harus memiliki karakter yang kuat untuk membangun Tabanan yang kita cintai” imbuhnya.

Menanggapi harapan Bupati Sanjaya, Made Miasa selaku Ketua Panitia sampaikan ungkapan terima kasih dan harapannya kepada para pengurus yang baru terlantik.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati selaku Majelis Pembimbing Kabupaten Tabanan Gerakan Pramuka, dengan harapan, ke depan dengan dilantiknya dan dilengkapinya seluruh perangkat kepengurusan di lingkungan Kwarcab Pramuka di Tabanan ini, maka kita harapkan Gerakan Pramuka di Tabanan Semakin eksis dalam mengabdikan dirinya pada masyarakat sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka dengan moto berbakti tiada henti” Ungkapnya.

Pelantikan diresmikan dengan penandatanganan ikrar oleh perwakilan peserta yang dilantik dan penandatanganan naskah oleh Ketua Mabicab, penyematan tanda jabatan dan pemakaian rompi satgas Pramuka peduli secara simbolis.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini