PPG
Ikuti PPG, Undiksha Ajak Peserta Menjadi Guru Adaptif. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, SINGARAJA – Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar orientasi akademik untuk peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Kategori I tahun 2022, Senin (18/7/2022). Melalui kegiatan ini, para peserta diajak untuk menjadi guru yang adaptif.

Orientasi akademik yang berlangsung secara daring ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I. Ia yang mewakili Rektor memberikan apresiasi kepada para guru yang semangat dan antusias untuk mengikuti PPG. Ditegaskan, program nasional ini sebagai salah satu media untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Dalam proses pendidikan, guru akan dihadapkan dengan sejumlah kegiatan pembelajaran berupa pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

“Kami berharap dengan ikut serta dalam PPG, para guru bisa semakin profesional dalam menjalankan tugasnya,” katanya.

Disampaikan lebih lanjut, dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, guru terlebih dalam pendidikan dasar memiliki peran yang sangat penting. Guru tidak hanya sebagai pendidik akademik, tetapi juga membangun karakter siswa.

Baca Juga :  Bupati Minta Kedokteran Undiksha Tingkatkan Kompetensi dengan Data Teknologi dan Kemanusiaan

“Guru di pendidikan dasar memiliki tanggungjawab yang lebih besar dari pada guru di SMA atau perguruan tinggi,” ucapnya.

Oleh sebab itu, sambung Rasben Dantes, peningkatan profesionalisme guru sangat perlu dilakukan. Hal ini juga penting untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 yang sudah merubah tatanan kehidupan, baik kehidupan sehari-hari maupun aktivitas belajar mengajar. Ia menyebutkan, konsep belajar peserta didik saat ini sudah berbeda dengan dunia sekolah. Siswa dapat dengan mudah mengakses sumber belajar dari berbagai platform. Hal ini perlu didukung dengan sikap adaptif dari para guru. Bagaimana guru dapat mengembangkan ide-ide kreatif dan inovasi pembelajaran tanpa mengabaikan esensi dari sebuah pendidikan.

Koordinator PPG Undiksha, Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd., menjelaskan PPG Daljab Kategori I tahun 2022 ini diiikuti 1.145 peserta yang diangkat sebelum tahun 2015. Peserta tersebut terdiri atas bidang studi bahasa Bali, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bimbingan dan konseling, IPA, matematika, PGPAUD, PGSD, pendidikan jasmani dan kesehatan, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, seni rupa, teknik komputer dan informatika.

Ia yang juga memaparkan materi tentang arah dan kebijakan PPG menyampaikan terdapat capaian pembelajaran yang diharapkan melalui PPG. Pertama, para peserta mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhatian dan kemurahhatian. Kedua, mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh (kristis, kreatif, komunikasi, dan kolaboratif) yang berorientasi masa depan (adaptif dan fleksibel). Ketiga, menguasai materi ajar termasuk advanced material secara bermakna.

Baca Juga :  Guru dan Dosen Agama Hindu Bisa dapat Beasiswa dari Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI

Perkuliahan perdana bagi para peserta PPG ini dimulai, Selasa (19/7/2022) melalui daring. Berdasarkan hasil monitoring, Nurjaya menyebut pelaksanaanya berjalan lancar. Hal ini dinilai tidak lepas dengan komitmen dari para peserta untuk serius mengikuti program nasional ini. Tidak kalah penting lagi adalah komitmen pimpinan Undiksha dan semua pihak yang terlibat maupun persiapan yang telah dilakukan sebelumnya.

“Sebelum perkuliahan mulai, kami juga telah melaksanakan penyegaran bagi para instruktur dan guru pamong. Ada juga penyegaran tim IT dan rapat persiapan oleh seluruh panitia dan tim admin. Peserta juga diberikan informasi tentang tahapannya,” terangnya.

Undiksha sebagai lembaga yang berperan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul selalu berkomitmen untuk menyukseskan pelaksanaan PPG.

“Bagi Undiksha, PPG bukan menjadi hal baru. Meski demikian, kami tetap melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan,” terang dosen di Fakultas Bahasa dan Seni ini.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini