Tinjau
Gubernur Koster Dampingi Menhub Budi Karya Sumadi Tinjau Pembangunan Pelabuhan Sanur dan Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Gubernur Bali, Wayan Koster mendampingi Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meninjau progress Pembangunan Pelabuhan Sanur di Kota Denpasar serta Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Badung pada, Rabu (27/7/2022).

Dalam kunjungannya ke Pembangunan Pelabuhan Sanur turut juga dihadiri oleh Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Arsitek Bali, Popo Danes. Sedangkan kunjungan di Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dihadiri oleh Arsitek Universitas Udayana, Wayan Kastawan.

PT Hutama Karya (Persero) Tbk yang mengerjakan konstruksi Pelabuhan Sanur melaporkan secara keseluruhan progress pembangunannya sudah mencapai 89,72 persen yang meliputi pekerjaan : 1) Breakwater 1 (Sisi Selatan) sudah 97,75 persen; 2) Breakwater 2 (Sisi Utara) sudah 97,69 persen; 3) Pekerjaan Persiapan sudah 93,11 persen; 4) Pengerukan sudah 74,17 persen; 5) Pekerjaan Talud sudah 83,14 persen; 6) Area Pengembangan sudah 95,10 persen; 7) Dermaga Apung sudah 94,89 persen; 8) Pekerjaan Fasilitas Darat sudah 50,40 persen; 9) Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi sudah 82,28 persen; dan 10) Pekerjaan lain – lainnya sudah 80,79 persen.

Sementara PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk yang mengerjakan konstruksi Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai melaporkan progress pembangunannya sudah mencapai 84,26 persen.

Baca Juga :  Badung Kembali Gelar GEMARIKAN untuk Cegah Stunting

Mendengar laporan tersebut, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyampaikan Pembangunan Pelabuhan Sanur adalah salah satu infrastruktur yang disiapkan untuk mendukung kegiatan kepariwisataan di Bali, khususnya Sanur, Denpasar dengan Nusa Penida, Klungkung serta akan mendukung Presidensi G20.

“Kita tahu penerbangan ke Bali cukup banyak dan ini menunjukan daya tarik Bali luar biasa. Saya juga menyempatkan waktu berbincang dengan wisatawan dan mereka menyatakan sangat enjoy dan gembira sampai di Bali. Atas hal ini, kita harus memberikan pelayanan terbaik dan Saya sudah pesan ke Bapak Gubernur Bali agar ketika Pelabuhan ini dioperasikan, kita harus cari tim pelayanan yang terbaik,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi usai meninjau pembangunan Pelabuhan Sanur dan kondisi pedagang di sepanjang pesisir Pantai Sanur bersama Gubernur Wayan Koster.

Mengenai Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyampaikan tampilan bangunannya sangat keren, karena menampilkan ukiran klasik Bali dan bangunan yang minimalis.

“Terima kasih Pak Gubernur Bali, kita sudah berkolaborasi dengan baik dan kita akan pamerkan ini kepada Kepala Negara yang hadir pada acara Presidensi G20 dengan tampilan bangunan modern, namun masih mempertahankan warna Bali yang khas, kita yakin ini akan menjadi ikon,” ujar Budi Karya Sumadi.

Gubenur Bali, Wayan Koster menyatakan terima kasihnya kepada Menteri Perhubungan RI, Bapak Budi Karya Sumadi yang telah melakukan peninjauan ke Pembangunan Pelabuhan Sanur serta Pembangunan dan Revitalisasi Terminal VVIP Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Khusus untuk Pelabuhan Sanur, diharapkan bulan September 2022 sudah selesai dan Saya sebagai Gubernur Bali sekaligus mewakili Pemerintah Provinsi Bali serta Masyarakat Bali mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Menteri Perhubungan yang berkenan memenuhi usulan Kami untuk membangun Pelabuhan Sanur untuk menyebrang ke Nusa Penida.

Sudah bertahun–tahun, kata Gubernur Wayan Koster orang yang nyebrang ke Nusa Penida harus mengangkat kain, melepas sepatu dan melepas sandalnya untuk menuju kapal boat agar tidak terkena air laut akibat tidak adanya perhatian terhadap infrastruktur penyebrangan laut dari Sanur ke Nusa Penida ini.

Baca Juga :  Hibah Badung Angelus Buana Rp11,9 Miliar Lebih untuk Buleleng

Sehingga, kalau pelabuhan ini bisa selesai, ia yakin masyarakat bisa menyebrang dengan nyaman ke Nusa Penida dan Umat Hindu yang tangkil ke Pura Ratu Gede Dalem Ped dan para wisatawan yang berlibur ke Nusa Penida, hingga masyarakat yang beraktivitas sehari–hari dari Sanur ke Nusa Penida begitu juga sebaliknya bisa dengan aman dan nyaman.

Lebih lanjut Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini menegaskan Pelabuhan Sanur merupakan salah satu program prioritas pembangunan infrastruktur darat, laut, dan udara secara terkoneksi dan terintegrasi yang monumental di Bali dan baru pertama bisa dilaksanakan, karena selama ini masyarakat begitu tidak nyaman menyebrang ke Nusa Penida.

“Begitu pelabuhan ini selesai, kita akan tata keseluruhan kawasan ini agar rapi, termasuk pedagangnya ditata lebih rapi, sehingga kawasan wisata ini tampil cantik dan indah,” pungkas Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini yang tercatat dalam sejarah pembangunan infrastruktur laut di Bali telah mewujudkan Pembangunan Pelabuhan Sanur di Denpasar, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida, dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Klungkung ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News