Bupati Tamba
Bupati Tamba Pastikan Kesehatan Hewan Kurban. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pemkab Jembrana memastikan seluruh hewan kurban yang akan diserahkan jelang Hari Raya Idul Adha 1443 H sehat dan terbebas dari penyakit PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba saat mengunjungi UD Sentana Banjar Banyubiru, Desa Banyubiru, Kamis (7/7/2022).

“Hari ini pemeriksaan kesehatan hewan Qurban.  Kita menjadi saksi untuk melihat kondisi kesehatan hewan tersebut. Tadi juga sudah dijelaskan  kondisi kesehatan hewan  oleh doker hewan, dengan menunjukan ciri-ciri dari hewan ternak tersebut dalam keadaan sehat,” kata Bupati I Nengah Tamba.

Baca Juga :  12 Penyandang Disabilitas Ikuti Seleksi CBT-UM UGM

Pemeriksaan kesehatan hewan itu sebutnya telah dilakukan dilakukan sejak kemarin, Rabu (6/7/2022).

“Dokter hewan telah melakukan observasi, kemudian kita lihat secara langsung hari ini tanda pada mulut dan kuku hewan semua dalam kondisi baik dan bersih”, kata Bupati Tamba.

Lebih lanjut Bupati Tamba menambahkan Pemerintah Kabupaten Jembrana telah melakukan tindakan Preventif guna mengatasi PMK. Terlebih dengan meningkatnya kebutuhan daging menjelang Idul Adha.

“Hari ini kita mendapat apresiasi dari BNPB karena telah melakukan reaksi cepat terhadap kondisi PMK pada hewan. Cepat disini dari segi penanganan, antisipasi, serta tim satgas semua bekerja dengan cepat. Ini karena sinergitas kita yang baik di Jembrana dengan Fokopimda, OPD terkait, masyarakat dan para tokoh. Termasuk para perternak yang selalu koperatif, itulah kunci dari kesukseskan kita di Jembrana”, jelas bupati didampingi Sekda, Wakapolres dan Kasdim Jembrana.

Baca Juga :  Peringatan Hari Ibu, Bupati Tamba Harap Ibu Berperan dalam Pembangunan Daerah dan Keluarga  

Pihaknya menjamin kesehatan hewan Qurban yang tersedia dan yang akan kita serahkan kepada umat muslim menyambut hari raya Idul Adha semua sudah dalam keadaan sehat.

“Kami juga sudah makan daging kambing. Itu saya lakukan untuk membuktikan bahwa kuliner terutama daging di Jembrana bebas dari PMK” tandasnya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Jembrana, I Made Tarma  menyampaikan akan diserahkan 6 ekor sapi dan 28 ekor kambing yang akan didistribusikan ke 34 Masjid yang ada di Jembrana.

Baca Juga :  Pantau Tes SKB CPNS Jembrana, Bupati Artha Apresiasi Protokol Kesehatan Dipatuhi

“Penyerahan pada sabtu (9/7/2022) mendatang termasuk ikut diserahkan sapi bantuan Presiden RI ,” kata Tarma.(ang/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini