Smart Village
Bupati Badung Terima Kunjungan Bupati Blitar Terkait Studi Referensi Smart Village. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa menerima kunjungan Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah bersama jajaran terkait Studi Referensi Smart Village serta untuk berdiskusi mengenai percepatan pelayanan serta menerima pelayanan yang sangat kompetensi oleh pengelola, dan diharapkan sebisa mungkin pelayanan-pelayanan di Kabupaten Badung bisa didedikasikan. Pertemuan dilaksanakan di Ruang Tamu Bupati, Puspem Badung, Selasa (26/7/2022).

Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta mengatakan, salah satu desa yang ada di Badung yaitu Desa Punggul sudah melaksanakan desa berbasis digital. Di Kabupaten Badung sudah tersedia fiber optic yang melintang dari ujung utara Kabupaten Badung sampai dengan ujung selatan Kabupaten Badung, karena kedepannya Kabupaten Badung akan menjadi Smart City. Di suatu desa diperlukan potensi desa, infrastruktur dan SDM. Disamping itu, setelah adanya TPS3R di Desa Punggul, sampah plastik sudah bisa dijadikan sebagai cinderamata. Kepala Desa Punggul paham serta melek terhadap IT, anak-anak di desa melakukan pembelajaran dan dibuat pelatihan, sehingga satu persatu warga desa direkrut menjadi pegawai di Desa dan di Pemerintahan.

Baca Juga :  Badung Realokasi Anggaran Dana Tanggap Darurat Total Rp 114 Milyar

“Salah satu contohnya Desa Punggul Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung berhasil menyabet peringkat 10 besar terbaik nasional dalam ajang Anugerah Apresiasi Implementasi Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Desa,” ujarnya.

Sementara Sekda Badung mengatakan kita mendorong SDG (Sustainable Development Goals), desa ini cukup berat tergantung dari leader SDM-nya.

“Kami berterima kasih kepada Kabupaten Blitar yang telah menjadikan Kabupaten Badung sebagai objek smart digital, karena disini perekonomian kami cenderung ke pariwisata dan kami juga mendorong pertanian. Jika masyarakat merasa senang dan bangga menjadi petani itu sangat bagus karena pendapatan masyarakat ada dan kebutuhan pangan juga ada. Kita sebagai pemerintah disini tidak boleh santai, kita tidak boleh bergeser dari jati diri kita,” ungkap Adi Arnawa.

Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah mengatakan, Pemerintah Kabupaten Blitar mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Badung. Badung ini memiliki potensi yang sangat luar biasa, agar nanti kedepannya Blitar dan Badung dapat bekerja sama. Blitar sendiri memiliki Luas 1,700km, 22 kecamatan, 20 Desa dan 28 Kelurahan. Perekonomian di Blitar cenderung dari UMKM, peternakan dan pertanian.

Baca Juga :  Plh. Bupati Adi Arnawa Panen Sayuran Hidroponik di BPP Abiansemal

Setelah pertemuan di Puspem Badung, rombongan Bupati Blitar bertolak untuk mengunjungi Desa Punggul terkait Smart Village.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini