Ketua TP PKK Badung
Ketua TP PKK Badung, Ny. Seniasih Giri Prasta memimpin penganyaran di Pura Dhang Kahyangan Petitenget, Kamis (28/7/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Rangkaian Pujawali Pengratep Karya dengan tingkatan upakara Pedudusan Agung di Pura Dhang Kahyangan Petitenget, Organisasi Kewanitaan Kabupaten Badung yang dipimpin oleh Ketua TP PKK Badung, Ny. Seniasih Giri Prasta bersama Ketua Gatriwara Badung, Ny Ayu Parwata dan Ketua DWP Badung, Ny Rasniathi Adi Arnawa berkesempatan ngaturang ayah Tari Wali Rejang Giri Putri pada Kamis (28/7/2022).

Nyonya Seniasih Giri Prasta menyampaikan rasa syukur karena sudah bisa ngaturang ayah bersama Organisasi Kewanitaan yang lain seperti Gatriwara dan DWP serangkaian Pujawali Pengratep Karya dengan tingkatan upakara Padudusan Agung di Pura Dhang Kahyangan Petitenget, dikatakan bahwa sudah menjadi kewajiban/swadarma bagi Pemkab Badung untuk ngaturang ayah di Pura terbesar di Desa Adat Kerobokan tersebut.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Ajak Anak Yatim dan 40 Konsumen Loyal Honda Buka Puasa Bersama

“Kami TP. PKK Badung, Gatriwara dan DWP berkesempatan melaksanakan bhakti penganyaran dan sekaligus ngaturang ayah tari (menarikan) Rejang Giri Putri di Pura Dhang Kahyangan Petitenget. Semoga Ida Sang Hyang Widhi dan Ida Betara-betari yang berstana di Pura ini senantiasa melimpahkan kesejahteraan dan kerahayuan buat kita semua serta pelaksanaan pujawali berjalan dengan lancar,”ungkapnya.

Sementara itu Pemucuk Prajuru Pura Dang Kahyangan Petitenget lan Pura Masceti Ulun Tanjung, A.A. Ngr. Rai Yuda Darma mengatakan, Pengratep Karya ini merupakan lanjutan dari Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung, Tawur Balik Sumpah lan Segara Kertih yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2019 yang lalu. Setelah Karya Agung tersebut, mengingat masih masa pandemi Covid-19 dengan pembatasan kegiatan masyarakat, sehingga pengatep karya tidak bisa dilaksanakan. Saat ini walaupun masih masa pandemi Covid-19 akan tetapi sudah ada kelonggaran kegiatan masyarakat apalagi krama pengempon pura dan penyanggra yadnya sudah 90% vaksin ke 3/Booster.

Baca Juga :  Apresiasi Usaha Pelindungan Bahasa Bali oleh Balai Bahasa, Sekda Dewa Indra Sebut Pemprov Bali Komit Menjaga Bahasa Bali

“Maka berdasarkan pertimbangan tersebut pada Tahun 2022 ini kami gelar Pujawali Pengratep Karya. Berkenaan dengan Pelaksanaan Pujawali Pengratep Karya tersebut pada hari Rabu Kliwon Pahang, 13 Juli 2022 telah diawali dengan Matur Piuning Pujawali Pengratep Karya, setelah Matur Piuning dilanjutkan dengan tahapan-tahapan yadnya seperti Nyukat Genah Yadnya, Nanceb, Negtegan, Ngingsah, Ngias Ida Bhatara, Melasti dan Puncak Pujawali Pengeratep Karya Pada Hari Rabu Wage Merakih Tanggal Masehi 27 Juli 2022,” ucapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News