Surya Sewana Festival
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati saat pembukaan Surya Sewana Festival di The Garden Hotel Griya Santrian Hotel, Jumat (1/7/2022) malam. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa memberikan apresiasi atas terlaksananya Surya Sewana Festival yang dibuka secara resmi Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati di The Garden Hotel Griya Santrian Hotel, Jumat (1/7/2022) malam. Dan akan berlangsung selama tiga hari hingga 3 Juli mendatang. Hal ini merupakan momentum kebangkitan ekonomi Denpasar secara perlahan.

“Yang luar biasa bahwa Sanur memiliki keberanian untuk mulai menyusun agenda pelaksanaan sejumlah festival, salah satunya Surya Sewana Festival yang merupakan rangkaian terlaksananya Sanur Village Festival yang sesuai rencana akan diselenggarakan pada Agustus mendatang. Event-event seperti ini menjadi penyelamat bagi perekonomian daerah”, ungkap Arya Wibawa.

Baca Juga :  Masyarakat Banjar Tengah Peguyangan Antusias Ikuti Bank Sampah

Lebih lanjut dijelaskan, Sanur yang merupakan jantung Kota Denpasar diharapkan dapat bertumbuh dan berkembang menjadi permata dari Denpasar dan kembali memberikan cahaya bagi perputaran ekonomi yang sehat. Sanur Village Festival yang berdiri beriringan dengan Surya Sewana Festival mencirikan kebangkitan dan bentuk dari sinergitas serta kolaborasi dari masyarakat sanur, pengusaha setempat dengan pemerintah. Sinergitas ini ditunjukkan dengan saling berkaitannya penyelenggaraan sebuah event dan saling melibatkan antara satu dengan yang lain.

“Tentu kami atas nama Pemerintah Kota Denpasar memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini, kolaborasi yang baik tentu saja akan memberikan hasil yang maksimal, mengingat keamanan dan kenyamanan Bali menjadi pertimbangan bagi wisatawan untuk berkunjung kembali,” jelasnya.

Baca Juga :  Sasar Penyandang Disabilitas dan Lansia, Wawali Arya Wibawa Salurkan Paket Sembako Dari Kementerian Sosial

Ketua Yayasan Pembangunan Sanur, yang juga Konsul Kehormatan Republik Ceko untuk Bali, NTT dan NTB, Ida Bagus Gede Sidharta Putra dalam sambutannya mengatakan bahwa Surya Sewana Festival merupakan sebuah rangkaian perjalanan menuju diselenggarakannya Sanur Village Festival tahun 2022 pada bulan Agustus mendatang. Memasuki tahun ke-15, Sanur Village Festival sudah masuk menjadi kalender event nasional yang berperan dalam promosi pariwisata Bali dan menjadi the best festival by Community.

“Ini menunjukkan masyarakat sanur memiliki kemandirian dan tata kerja membangkitkan dirinya, dengan cara memberikan manfaat kepada banyak pihak dan memberikan suguhan komplit, mulai dari olahraga, pelestarian tradisi dan budaya dan secara keseluruhan memiliki 36 program. Sanur Village Festival menjadi media bagi insan kreatif dengan jumlah keterlibatan 2000 hingga 2500 seniman”, tegasnya.

Baca Juga :  Marak Modus Penipuan dengan File APK Mengancam Warga Bali

Ditambahkan oleh Gusde Sidharta bahwa Surya Sewana Festival mengambil makna sebuah prosesi yang dilakukan oleh para sulinggih saat menyambut matahari pagi sebagai awal sebuah kehidupan. Dimana pelaksanaan Surya Sewana Festival yang merupakan Road to Sanur village festival pada 17-21 Agustus di pantai matahari terbit mendatang adalah sebuah cerminan kehidupan baru bagi masyarakat Bali khususnya Kota Denpasar yang sudah dua tahun lebih berperang melawan pandemi Covid-19. Pembukaan Surya Sewana Festival juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, sejumlah Konsulat Negara tetangga dan tokoh masyarakat setempat.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News