Bank Sampah
Bank Sampah Alam Asri, Wujud Komitmen Kelurahan Panjer Dalam Penanganan Sampah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kelurahan Panjer betul betul menseriusi penanganan sampah di wilayahnya. Pada Kamis (14/7/2022) Lurah Panjer, I Putu Ari Budi Wibawa meresmikan Bank Sampah Alam Asri yang dibentuk di TPS 3R Paku Sari. Bank Sampah itu merupakan wujud komitmen Kelurahan Panjer dan TPS 3R Paku Sari dalam mengimplementasikan Perwali No 45 Tahun 2020 perihal Pelaksanaan Reuse, Reduce dan Recycle (3R) dalam pengelolaan sampah berbasis sumber.

Saat dihubungi, Lurah Panjer Ari Budi mengatakan keberadaan Bank Sampah Alam Asri diharapkan mampu membantu Pemerintah Kota Denpasar dalam hal penanganan sampah.

Baca Juga :  OJK dan Kementerian Dalam Negeri Sepakat Perkuat Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD)

“Sebagai bentuk dukungan kami dalam hal penanganan sampah di Denpasar terutama di tingkat desa/kelurahan maka keberadaan Bank Sampah ini diharapkan mampu untuk melaksanakan 3R,” ujar Ari Budi.

Ari Budi menambahkan, pihaknya mengharapkan seluruh stakeholders terkait agar memaksimalkan keberadaan Bank Sampah Alam Asri ini.

“Nantinya para perangkat kelurahan Panjer termasuk kepala lingkungan diwajibkan menjadi nasabah Bank Sampah ini. Karena aparat harus menjadi contoh bagi masyarakat,” imbuhnya.

Selain peresmian bank sampah, dalam kesempatan itu juga turut dilakukan penyerahan SK Lurah Panjer tentang Pembentukan Bank Sampah Alam Asri kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, juga penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Sampah Alam Asri dengan Eco Bali selaku pihak ketiga yang menangani sampah  anorganik.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News