Padangsambian,
Lurah Padangsambian, Alit Artika meresmikan Bank Sampah Kenanga Banjar Balun, Kelurahan Padangsambian pada Sabtu (23/7/2022) pagi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Masyarakat Kota Denpasar terus gencarkan terobosan pengelolaan sampah berbasis sumber yang cerdas melalui pembentukan Bank Sampah disetiap Desa dan Kelurahan. Seperti pada Sabtu (23/7/2022) pagi, satu lagi Bank Sampah diresmikan yakni Bank Sampah Kenanga di wilayah Banjar Balun, Kelurahan Padangsambian yang diresmikan oleh Lurah Padangsambian, Alit Artika.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Bendesa Adat Padangsambian, Made Suparman, anggota BUPDA, Kelihan Adat dan dinas wilayah setempat, Komunitas Kerti Bali Sejahtera (KBS) dan anggota PKK setempat.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka DTIK Fest 2024, Jadi Wahana Edukasi Tingkatkan Jejaring dan Kolaborasi

Lurah Padangsambian, Alit Artika dihubungi terpisah mengatakan Bank Sampah Kenanga Banjar Balun ini telah dibentuk sejak bulan juni lalu dimana sebelumnya telah dilakukan sosialisasi kepada warga.

“Nasabah Bank Sampah sampai saat ini telah berjumlah 237 nasabah. Teknis operasional Bank Sampah ini adalah Ibu-ibu PKK mengumpulkan sampahnya dan dibuatkan jadwal untuk dilakukan penimbangan dan pengambilan. Selanjutnya hasil pilahannya diambil BUPDA Padangsambian dan hasil dari penukaran tersebut langsung masuk ke rekening nasabah, ditabung sehingga nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat baik untuk pemenuhan kebutuhan harian ataupun keperluan upacara adat dan agama,” jelasnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Serahkan 1.444 SK PPPK Hasil Seleksi Tahun 2023, Kembali Usulkan 4.602 Formasi di Tahun 2024

“Seperti telah diketahui bersama, adanya Peraturan Gubernur terkait pengelolaan sampah berbasis sumber menjadi awal mula pembentukan Bank Sampah di wilayah kami. Kami sebelumnya sudah rutin melaksanakan sosialisasi dengan tujuan nantinya supaya semua banjar baik adat dan dinas di wilayah Padangsambian sudah membentuk Bank sampah untuk menciptakan tata kelola persampahan yang baik di wilayah kami,” ujar Artika.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News