Green School Bali
Kegiatan Badung Education Fair Tahun 2022, bertempat di Green School Bali, Kamis (28/7/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung dalam hal ini diwakili oleh Kasi Kurikulum Agung Kesumajaya menghadiri kegiatan Badung Education Fair Tahun 2022, bertempat di Green School Bali, Kamis (28/7/2022). Acara Badung Education Fair Tahun 2022, diikuti sebanyak 150 peserta dari kalangan TK, SD, SMP yang juga dihadiri Kepala Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) SD Green School, Made Candra Parwati, Kepala sekolah SPK SMP Green School, Budhi Sagita Wiratama, Kepala sekolah SPK SMA Green School, Luh Peni Betasari dan jajaran lainnya.

Kasi Kurikulum dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga, Agung Kesumajaya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kunjungan ke Green School Bali, yang berada di wilayah Sibang Kaja Kecamatan Abiansemal ini, melainkan untuk meningkatkan daripada pengalaman anak-anak khususnya peserta didik yang ada di Kabupaten Badung, disamping anak-anak juga bisa mengenal lingkungan sekolah terutamanya yang ada di Green Schooll Bali ini.

Baca Juga :  Penanaman Pohon Mangrove Serangkaian Badung Education Fair 2022

”Berkaitan dengan lingkungan sekolah yang ada di Green Schooll Bali sangat jauh perbedaan dari segi pembelajaran, dari segi prakteknya dikarenakan di sekolah Green Schooll Bali ini, semua pembelajaran maupun praktek secara langsung dengan lingkungan alam, dikarenakan lingkungan alam merupakan segi penerapan pelatihan, barang tentu kita bisa melihat secara langsung beberapa kegiatan yang ada di lingkungan sekolah. Kegiatan ini diikuti dari kalangan TK, SD, SMP berjumlah 150 orang.

Tujuan dilaksanakanya kegiatan ini untuk bagaimana melihat situasi dan kondisi, disamping anak-anak bisa mengenal lingkungan sekolah yang ada di Green Schooll Bali. Pihaknya juga berharap kedepannya anak-anak agar bisa menerapkan ilmu yang didapat di Green Schooll Bali, agar bisa diterapkan secara langsung di masing-masing sekolah, dikarenakan sistem yang ada disini merupakan pengenalan lingkungan, dari segi pembelajaran yang bisa ditiru dan dikembangkan di masing-masing sekolah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Penanaman Pohon Mangrove Serangkaian Badung Education Fair 2022

Lebih lanjut dikatakan, terkait Kurikulum Merdeka pada saat ini sudah diterapkan, mudah-mudahan semua bisa masuk, karena kemarin sudah diterapkan, sudah diberikan pembelajaran teknis-teknis tentang merdeka belajar.

“Untuk sarana kami di Pemkab Badung sudah siap baik itu dari gurunya, personilnya, maupun perlengkapan yang lainya,” terangnya.

Koordinator Penggerak Guru Badung, I Made Suardana juga mengatakan, untuk kegiatan Badung  Education Fair yang terdiri dari komunitas guru penggerak Kabupaten Badung berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Badung untuk mengadakan Badung Education Fair, dengan mengambil tema Mewujudkan Badung Cerdas, Berkarakter, Berbasis Digital dan Lingkungan, dimana dan kaitan terhadap pengembangan atau implementasi Kurikulum Merdeka, berbasis kodrat alam dan kodrat lingkungan.

”Harapan kita untuk sekolah-sekolah di Badung bisa menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik, dimana anak didik bisa memahami kodrat alam mereka, bagaimana juga memanfaatkan alam untuk kehidupannya disamping bagaimana mereka bisa mengakomodir kodrat zaman, dimana kodrat zaman berkaitan dengan penguasaan IT, serangkaian Badung Education Fair, kita harapkan nanti masyarakat di Kabupaten Badung bisa mengetahui terkait dengan bagaimana pengembangan, Pendidikan di Kabupaten Badung,” jelasnya.

Baca Juga :  Penanaman Pohon Mangrove Serangkaian Badung Education Fair 2022

Sementara Kepala sekolah SPK SMP Green School, Budhi Sagita Wiratama mengatakan, kepada sekolah yang ada di Kabupaten Badung, juga atas inisiasi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Badung maupun para guru-guru, sudah ikut melaksanakan kegiatan Badung Education Fair Tahun 2022. Yang sudah mempercayakan tempatnya di Green School Bali.

”Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan ini, mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan pelaksanaan kegiatan ini agar tercapai dari segi praktek yang berkaitan dengan lingkungan belajar. Kebetulan sekolah kami merupakan sekolah alam. Sekolah kami memiliki keunikan yang kami beri nama Green School Bali,” ungkapnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini