Jaya Negara
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota, I Kadek Agus Arya Wibawa, Kajari Denpasar, Yuliana Sagala, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana dan Direktur Utama Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, I.B Gede Arsana saat peninjauan dan peresmian Kanal Air Baku Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar di IPA Belusung, Selasa (14/6/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara meresmikan Kanal Air Baku Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar di IPA Belusung Denpasar bertepatan dengan Purnama Sasih Sada, Selasa (14/6/2022). Hal tersebut lantaran pembangunan Kanal Air Baku Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar di IPA Belusung tuntas dikerjakan dan didahului dengan upacara pemelaspasan.

Wali Kota Jaya Negara yang turut didampingi Wakil Wali Kota, I Kadek Agus Arya Wibawa, Kajari Denpasar, Yuliana Sagala, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana dan Direktur Utama Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, I.B Gede Arsana serta jajaran Dewan Pengawas ini berkesempatan meninjau operasional kanal air baku yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, inovasi pembangunan kanal ini merupakan upaya berkelanjutan guna meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat, khususnya pelanggan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma.

“Hal ini merupakan komitmen sekaligus langkah nyata dalam berinovasi guna mendukung upaya berkelanjutan dalam meningkatkan pelayanan bagi pelanggan,” jelasnya.

Baca Juga :  Dinanti Masyarakat, Pasar Murah Pemkot Denpasar ‘’Lais Meseluk”

Beragam inovasi yang dilaksanakan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar merupakan implementasi dari konsep besar ‘Karesian’. Dimana, Karesian merupakan sistem kelola air pada zaman Bali kuno yang mengelola lima pokok sumber air, yakni air laut, air danau, pancoran, telaga, dan sumber mata air/empul. Kelima sumber mata air ini identik dengan Panca Tirta.

“Semoga dengan inovasi ini dapat mengatasi permasalahan yang biasa terjadi, terutama saat intensitas hujan meningkat dan air keruh, semoga inovasi ini secara berkelanjutan dapat meningkatkan pelayanan optimal bagi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Rahina Suci Saraswati, Jaya Negara Sembahyang Bersama di Pura Agung Jagatnatha

Direktur Utama Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, I.B Gede Arsana mengatakan, pembangunan kanal ini merupakan salah satu program prioritas Perumda Tirta Sewakadarma. Hal ini tentunya sebagai upaya  untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Tak hanya itu, dengan beroperasinya kanal air baku ini Perumda Tirta Sewakadarma diprediksi mampu melaksanakan efisiensi. Dimana, penghematan biaya produksi diprediksi mencapai Rp2 Miliar dalam setahun.

“Dengan selesainya pembangunan kanal ini, yang pertama harapan kami mampu meningkatkan pelayanan bagi pelanggan, dan yang kedua adalah efisiensi, dimana penghematan biaya produksi bisa mencapai Rp2 Miliar setahun,” ujar I.B Arsana.

Arsana menambahkan, selesainya pembangunan kanal ini diharapkan juga dapat memecahkan permasalahan klasik. Hal ini utamanya saat musim penghujan yang identik terjadinya gangguan produksi air baku.

Baca Juga :  Gusti Ngurah Dibya Terpilih Sebagai Ketua Baru RAPI Bali 2022-2027

“Dengan selesainya kanal ini, tentu permasalahan klasik saat musim hujan bisa kita minimalisir dimana dengan kanal ini air keruh bisa dilaksanakan sedimentasi, dan semoga saat musim hujan Perumda Air MinumTirta Sewakadarma tetap bisa melayani dengan optimal,” jelasnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar memiliki pelanggan mencapai 89.435 sambungan. Karenanya, selain membangun kanal air baku ini, Perumda Tirta Sewakadarma Kota Denpasar terus bergerak dan berinovasi guna mendukung peningkatan pelayanan berkelanjutan.

Mulai dari Optimalisasi kapasitas produksi, pengembangan jaringan primer dan sekunder, optimalisasi reservoir, optimalisasi sumur bor, mendorong pembangunan ground tank, pengembangan Sistem Distribusi Air Bersih (SIDAB) dan lainnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini