UGM
UGM Diharapkan Bisa Jaga Kualitas Pendidikan Tinggi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPU, ASEAN Eng., menyampaikan pihaknya terus mendorong perguruan tinggi termasuk UGM untuk menjaga marwah dan kualitas pendidikan tinggi. Terlebih menghadapi dunia saat ini yang berubah begitu cepat.

“Kita mengharapkan banyak hal dari UGM. Sebagai perguruan tinggi tertua di Indonesia, UGM diharapkan bisa terus menjaga dari sisi kualitas dan menjadi panutan bagi perguruan tinggi lainnya,” katanya, Rabu (8/6/2022) saat Kunjungan Kerja di UGM.

Dihadapan Rektor, pimpinan universitas, dan para dekan di lingkungan UGM, Nizam bahwa saat ini dunia mengalami transformasi besar, termasuk dunia pendidikan tinggi. Transformasi yang ada berdampak pada serapan lulusan pada dunia kerja, usaha dan industri. Jumlah lulusan yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan ketersediaan lapangan pekerjaan.

“Lapangan pekerjaan yang tersedia setiap tahunnya berkisar 300-400 ribu. Sementara lulusan perguruan tinggi setiap tahunnya sekitar 1,2 juta,” jelasnya.

Baca Juga :  FP Unud Dorong Efisiensi Usahatani Padi di Desa Buahan Kaja, Payangan

Nizam menyebutkan ada beragam faktor yang menyebabkan terbatasanya lapangan kerja. Salah satunya dikarenakan disrupsi teknologi. Disrupsi teknologi telah membuat banyak lapangan kerja yang hilang, tetapi juga membuka peluang lapangan kerja yang baru di masa depan.

Kondisi tersebut menjadi tantangan dalam transformasi pendidikan. Kedepan pendidikan tinggi diharapkan tidak hanya menghasilkan angkatan kerja yang bergantung pada lapangan kerja. Namun, lulusan yang dihasilkan bisa lebih mandiri dan membuka lapangan-lapangan kerja baru.

“Ini fakta yang kita hadapi saat ini sehingga mari kita kawal bersama dalam program Kampus Merdeka. Kami harapkan UGM juga bisa ikut mengawal proses dan implementasinya agar transformasi berjalan sukses menghasilkan lulusan yang adaptif, kreatif, dan bermetamorfosa dengan cepat terhadap perubahan dunia,” harapnya.

Sebelumnya Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed. Sp.OG(K)., Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan harapannya melalui forum diskusi ini dapat diurai dan dicari solusi bersama atas persoalan-persoalan yang dihadapi oleh UGM saat ini dalam menjaga kualitas pendidikannya. Misalnya terkait kebijakan yang berkaitan dengan MBKM, SDM baik dosen maupun tenaga kependidikan non pns, jenjang karir dosen, dan lainnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini