Kelurahan Peguyangan
Tumbuhkan Pendidikan Karakter, Kelurahan Peguyangan Isi Liburan Sekolah Dengan Pasraman Kilat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tumbuhkan karakter anak-anak, Kelurahan Peguyangan meluncurkan program mengisi liburan sekolah anak-anak dengan kegiatan Pasraman Kilat. Hal ini disampaikan Lurah Peguyangan, Gede Sudi Arcana saat menghadiri Pasraman Kilat di Banjar Kertasari, Selasa (21/6/2022).

Gede Sudi Arcana juga menyampaikan kegiatan Pasraman Kilat diikuti oleh 45 orang anak dengan pengajar dari tokoh dan penglingsir masyarakat di Banjar Kertasari. Pasraman dilangsungkan setiap hari kecuali libur Hari Raya Galungan dan Kuningan dimulai pada pukul 17.00-20.00 Wita.

“Pasraman Kilat diselenggarkan sebagai upaya untuk mengisi hari libur siswa dengan kegiatan dan hal-hal yang positif,” ujarnya.

Lebih lanjut Lurah Peguyangan, Gede Sudi Arcana menyampaikan materi pembelajaran pasraman kilat antara lain kegiatan belajar nilai-nilai agama, mekidung, macepat, pembuatan canang sari dan ngulat klakat. Pembelajaran ini diperlukan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya.

Baca Juga :  Penutupan Bulan Bahasa Bali VI, Generasi Muda Diharapkan Aktif Lestarikan Bahasa Bali di Tengah Pengaruh Budaya Global

Dengan adanya kegiatan ini menumbuhkan pendidikan karakter yang berlandaskan pada ajaran agama Hindu. Ditambahkan, kegiatan ini lebih menekankan pada pembinaan budi pekerti anak, terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini, dimana para siswa dihadapkan oleh berbagai dilema yang mengarah pada degradasi moral seperti kenakalan remaja, miras dan narkoba.

“Dalam kegiatan pasraman ini mencakup tiga aspek penting yaitu pendalaman tatwa, etika dan praktik upacara. Selain itu, juga ditambah teori dan praktik agama untuk menghasilkan insan agama yang suputra sadhu gunawan,’’ ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News