Bank Sampah
Surya Adnyani Mahayastra Resmikan Bank Sampah Lembeng Lestari

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Untuk meningkatkan pengelolaan sampah berbasis sumber, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra meresmikan Bank Sampah Lembeng Lestari Desa Ketewel, Selasa (21/6/2022). Dalam kesempatan tersebut, Ny Surya Adnyani Mahayastra juga meresmikan kader kesehatan lingkungan dan melakukan kunjungan ke TPS 3R Desa Ketewel.

Pendamping orang nomor 1 di Gianyar tersebut mengaku bangga dengan semangat masyarakat Desa Ketewel dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Terlebih  kelestarian lingkungan merupakan program ke-9 dari 10 program pokok PKK.

Harapannya dengan diresmikannya Bank Sampah Lembeng Lestari permasalahan sampah dapat terselesaikan di tingkat desa.

“Dengan diresmikannya Bank Sampah Lembeng Lestari ini dan Kader Kesehatan Lingkungan dapat mengatasi permasalahan sampah dari sumbernya,” harapnya.

Baca Juga :  Bali Jungle Huts, Unik di Tengah Modernisasi

Dia menambahkan, jumlah produksi sampah terbanyak dari pasar dan rumah tangga. Terutama sampah plastik yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk menghancurkan secara alami. Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat untuk mengelola sampah dari hulu yakni dari sumbernya. Setidaknya diawali dengan memilah sampah organik dan non organik. Sampah organik setelah terkumpul bisa diangkut ke TPS 3R untuk diolah menjadi kompos dan sampah plastiknya bisa dijual ke Bank Sampah.

“Jadi dengan adanya Bank Sampah lengkap disini sampah bisa dikelola, saya harap masyarakat bisa disiplin memilah sampah. Nantinya sampah plastik bisa dijual ke Bank Sampah dan sampah organiknya bisa dibawa ke TPS3R atau diolah sendiri,” imbuhnya.

Baca Juga :  Bupati Mahayastra Resmikan Pasar Puaya Sukawati

Senada dengan Ny Surya Adnyani, Perbekel Desa Ketewel I Putu Gede Widya Kusuma Negara mengatakan Desa Ketewel sebenarnya telah memiliki Bank Sampah sejak tahun 2015 yang bernama Bank Sampah Ketewel Lestari dan pada tahun 2019, Bank Sampah Ketewel Lestari mendapat penghargaan sebagai pengelola wilayah terbaik nomor empat se-Bali.

“Sebenarnya kami sejak 7 tahun lalu telah memiliki bank sampah dengan pengelolaannya yang sangat baik. Namun sempat terhenti karena pandemi covid-19. Dan kini kembali kita bangkitkan dengan diresmikannya oleh Ibu Bupati,” ujarnya.

Baca Juga :  Wujudkan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan, Bupati Giri Prasta Dampingi Mendagri Tito Karnavian Luncurkan Tagline #GILAsSampah

Selama ini TPS 3R Lembeng Lestari Desa Ketewel juga telah beroperasi dengan baik mengolah sampah menjadi kompos walau hasilnya baru bisa dipergunakan untuk menopang kegiatan Puspa Aman Desa Ketewel dan Aku Hatinya PKK.

Widya Kusuma berharap dengan diresmikannya Bank Sampah dapat membangkitkan kembali semangat masyarakat dalam memilah sampahnya.

“Harapannya tentu membangkitkan kembali semangat masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan mengelola sampah terutama memilah sampah, sehingga tercipta kebersihan, keasrian, dan kenyamanan di Desa Ketewel,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini