Sekda Alit Wiradana
Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana saat memantau penanganan sampah pasca Hari Suci Galungan di beberapa TPS Kota Denpasar Kamis (9/6/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pasca perayaan Hari Suci Galungan memberikan dampak terhadap meningkatnya volume sampah di Kota Denpasar. Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar peningkatan volume sampah pasca hari raya Galungan berkisar 20-30% persen dari jumlah rata-rata harian sebanyak 800-950 Ton/hari. Penanganan ini pun dipantau langsung Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana guna memastikan optimalisasi pengangkutan sampah di beberapa TPS pada Kamis (9/6/2022).

Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana mengatakan, pemantauan ini dilaksanakan guna memastikan pengangkutan sampah dapat dioptimalkan.Sehingga tidak terjadi penumpukan sampah yang terlalu lama di TPS-TPS Kota Denpasar.

Baca Juga :  PLN Beberkan Sederet Rencana Penambahan Energi Hijau di Nusa Penida

Kami melaksanakan pemantauan untuk memastikan optimalisasi penanganan, sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di TPS, astungkara bisa tertangani,” ujarnya.

Sementara Kadis DLHK Kota Denpasar, I.B Putra Wirabawaa menjelaskan, saat ini volume sampah di Kota Denpasar berkisar diantara 800-950 Ton/hari. Namun, pasca hari Suci Galungan kemarin meningkat 20-30%.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa secara umum DLHK Kota Denpasar setiap menyambut hari besar keagamaan senantiasa selalu bersiaga. Hal ini lantaran lonjakan volume sampah cenderung meningkat saat hari besar keagamaan.

“Kami tetap bersiaga kapanpun untuk memastikan kebersihan Kota Denpasar,” kata Gustra sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Layanan Data Seluler dan IPTV Dimatikan Saat Nyepi 2024

Lebih lanjut dikatakan, antisipasi terhadap penanganan lonjakan sampah ini dilaksanakan dengan mengintensifkan seluruh personel. Adapun terdapat sedikitnya 13 TPS dan  1.420 tenaga kebersihan yang bertugas dengan  40 armada truk yang dibantu moci di masing-masing kecamatan dan desa/kelurahan.

“Walaupun untuk Galungan kali ini volume sampah mengalami peningkatan yang tidak signifikan, kami tetap bersinergi dengan semua elemen hingga desa/lurah guna menangani sampah hari besar keagamaan yakni Galungan dan Kuningan ini,” jelas Gustra.

Dalam kesempatan tersebut Gustra juga menekankan bahwa lonjakan sampah tersebut didominiasi bahan organik yang sebagian besar disebabkan oleh sampah sisa upacara dari rangkaian janur. Gustra juga mengimbau kepada masyarakat untuk turut andil meminimalisir jumlah sampah saat hari raya. Hal ini dapat dilakukan dengan pemilahan sampah organik dan anorganik sebelum dibuang. Hal ini guna memberikan kemudahan dalam penanganan lanjutan. Seperti halnya pengolahan sampah organik menjadi kompos di TPS3R.

Baca Juga :  Denpasar Jadi Calon Percontohan Kota Antikorupsi KPK RI, Wujud Apresiasi dan Kepercayaan Atas Komitmen Pencegahan Korupsi

“Kami mengajak masyarakat untuk andil dalam menjaga kebersihan dengan memilah sampah dan membuang sampah sesuai dengan jam yang ditentukan oleh swakelola sampah, sehingga sampah tidak menumpuk di pinggir jalan, dan kerjasama ini sangat penting menuju Kota Denpasar yang bersih dan asri,” ajaknya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News