ftp unud
Program Studi TPB FTP Unud Gelar Diskusi Dengan UP3M FT Unud Guna Persiapan Akreditasi International IABEE. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian (TPB FTP Unud) Gelar diskusi bersama UP3M Fakultas Teknik yaitu Bapak Dr. Ir. I Nyoman Setiawan, MT. Diskusi dilaksanakan pada Selasa (14/6/2022) di Ruang Teater Gedung GA Lantai 2 Fakultas Teknologi Pertanian Kampus Bukit Jimbaran.

Diskusi ini dipimpin dan dihadiri oleh Koordinator Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Dr. Ir. Ida Bagus Putu Gunadnya, MS., beserta Dosen di lingkungan Prodi TPB FTP Unud.

Topik yang didiskusikan meliputi Konsep Penilaian Capaian Pembelajaran Lulusan Mata Kuliah/Praktikum serta pencatatan penilaian Outcome-based Education (OBE) atau sistem pendidikan berbasis luaran.

Sistem OBE ini meliputi keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum, perumusan tujuan dan capaian pembelajaran, strategi pendidikan, rancangan metode pembelajaran, prosedur penilaian dan lingkungan pendidikan.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Umumkan Lowongan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kota Denpasar

Penerapan sistem OBE merupakan syarat mutlak akreditasi IABEE. Sebelumnya telah dilaksanakan rapat koordinasi persiapan akreditasi BAN-PT Prodi TPB dari Nilai A menuju Unggul dan persiapan akreditasi internasional IABEE dari Profesional Accreditation menuju General Accreditation.

IABEE merupakan lembaga akreditasi mandiri Indonesia yang terus berupaya untuk mendapatkan pengakuan dari Masyarakat Indonesia. IABEE telah menjadi anggota Washington Accord (WA) dengan status Provisional Signatory.

Dengan mengakreditasikan Prodi Ke IABEE, maka Prodi akan memperoleh rekognisi substantial equivalent dalam kerangka perjanjian-perjanjian internasional yang diikuti oleh IABEE.

Dengan demikian Prodi akan dipandang mampu oleh masyarakat internasional untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang menguasai Capaian Pembelajaran yang secara substansial bekal menapaki karir profesional yang sejalan.

Baca Juga :  Ribuan Tukik Dilepas di Pantai Pengasahan

Koordinator Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Dr. Ir. Ida Bagus Putu Gunadnya, MS. Mengatakan bahwa diskusi yang dilakukan merupakan salah satu upaya dalam proses persiapan akreditasi.

“segala upaya akan dilaksanakan agar akreditasi dapat berjalan dengan lancar dan kedepannya diharapkan Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem dapat lebih berkembang dan terakreditasi secara Internasional,” pungkasnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini