Car Free Day
Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana saat mengikuti car free day di Jalan Ngurah Rai, Kota Singaraja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng rupanya masih menunggu izin resmi untuk menggelar kembali kegiatan car free day (hari bebas kendaraan). Izin yang ditunggu ternyata belum dikeluarkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng.

Sekedar informasi untuk pelaksanaan car free day biasanya mengambil tempat di sepanjang Jalan Ngurah Rai atau di areal Taman Kota Singaraja, Buleleng setiap Minggu pagi. Namun akibat adanya pandemi Covid-19 pelaksanaan kegiatan itu hingga sekarang belum pernah berlangsung lagi selama kurang lebih dua tahun.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan mengatakan jika memang sekitar beberapa Minggu lalu Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana sempat memberikan sinyal positif terkait pelaksanaan car free day.

Namun pihaknya kini masih setia menunggu datangnya izin resmi untuk melaksanakan kembali kegiatan yang secara teknis menjadi tanggungjawab Dishub Kabupaten Buleleng ini.

Baca Juga :  Tim GTPP Buleleng Tegaskan Pemberlakuan Swab Test Kini Lebih Selektif

“Kami mengira Satgas masih harus memenuhi beberapa regulasi. Seperti melihat sekarang PPKM level berapa, apa yang harus dilihat, supaya tidak salah,” ujar Gunawan, Selasa (28/6/2022).

Disamping itu Gunawan mengaku tidak jarang sejumlah masyarakat meminta agar car free day bisa segera dilaksanakan. Akan tetapi ditekankan lagi olehnya bahwa jika selama Satgas belum mengeluarkan edaran maka kegiatan terkait belum siap digelar kembali.

“Kami telah banyak menerima permintaan dari masyarakat supaya car free day bisa segera terlaksana tapi disetiap permintaan itu kamu tetap tekankan bahwa sedang menunggu izin dari Satgas,” imbuh Gunawan.

Disisi lain, Made Wijaya Kusuma salah satu warga yang tinggal di Singaraja dan cukup sering mengikuti car free day sebelumnya sangat berharap jika kegiatan car free day bisa terlaksana segera. Sebab selain sebagai sarana untuk olahraga, dan rekreasi adanya kegiatan itu juga bisa memutar perekonomian dikarenakan ada beberapa UMKM dan pedagang kaki lima yang berjualan.

Bahkan harapannya juga didukung dengan sudah tetap melandainya kasus Covid-19 di Kabupaten Buleleng. Kemudian di sejumlah tempat seperti Eks Pelabuhan Buleleng, Gedung Kesenian, RTH Bung Karno juga telah dilaksanakan keramaian. Namun kenapa untuk kegiatan car free day malah belum mendapatkan izin.

Baca Juga :  Belum Ada Lonjakan Pelaku Perjalanan ke Buleleng Sejak New Normal Ditetapkan

“Kita sudah rindu dengan kegiatan itu, saya kira ditempat lain di Singaraja juga sudah mulai ada event yang menimbulkan ke ramaian tapi kenapa untuk car free day malah belum dapat izin,” terang Wijaya.(dar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini