Fisip unud
Mahasiswa Magang Ilmu Politik Universitas Udayana Bangun Games Kepemiluan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka pelepasan magang, mahasiswa magang MBKM Ilmu Politik Universitas Udayana dibawah bimbingan Dr. Kadek Dwita Apriyani, S.Sos., M.IP., wujudkan prototype permainan kepemiluan ular tangga sebagai bentuk output dalam kegiatan magang di Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali. Prototype permainan kepemiluan tersebut disimulasikan oleh mahasiswa magang di Ruang Rapat KPU Provinsi Bali, Senin (6/6/2022).

Kegiatan peluncuran permainan kepemiluan ular tangga, dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana, Dr. Drs. I Nengah Punia, M.Si., bersama dengan Dr. Ni Made Ras Amanda Gelgel, S.Sos., M.Si. selaku Wakil Dekan I, Dr. I Made Anom Wiranata., S.IP., MA., dan Dr. Tedi Erviantono, S.IP. M.Si., selaku Koordinator Program Studi Ilmu Politik. Turut hadir pula dosen Ilmu Politik dan tim media Universitas Udayana.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Paparkan Ranperda RTRW Kota Denpasar Dihadapan Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN

Percobaan prototype permainan kepemiluan ular tangga tersebut dibuka langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan, S.Tp., M.P.

Pada kesempatan ini, Nengah Punia dalam sambutannya berharap banyak terhadap kegiatan magang ini.

“Selain untuk menambah pengalaman dan pembelajaran langsung bagi mahasiswa, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak universitas dan juga instansi terkait,” ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi permainan kepemiluan ular tangga yang dimainkan oleh 5 (lima) orang mahasiswa magang. Permainan kepemiluan ular tangga yang digagas oleh Ketua KPU Provinsi Bali dan dikembangakan oleh mahasiswa magang berisikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan kepemiluan di setiap tangga dan ularnya.

Baca Juga :  Jusuf Kalla Kunjungi Markas PMI Bali

Permainan ular tangga tersebut ditujukan untuk memberi pendidikan kepemiluan melalui permainan yang nantinya akan digunakan pada saat sosialisasi pemilih pemula dan masyarakat umum, serta digunakan saat bimbingan teknis (bimtek) penyelenggara pemilu.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan implementation of arrangement oleh Agung Lidartawan dan Tedi Erviantono, serta penyerahan prototype permainan kepemiluan ular tangga, cinderamata, dan juga sertifikat kepada KPU Provinsi Bali selaku mitra dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Udayana. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini