Sekda Wayan Adi Arnawa
Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri Karya Ngenteg Linggih di Pura Gede Bhujangga Waisnawa, Sibang Gede, Abiansemal Badung, Selasa (14/6/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa menghadiri Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Pedudusan Alit, Rsi Gana, Caru Balik Sumpah, Mepandes lan Mepetik di Pura Gede Bhujangga Waisnawa, Sibang Gede, Abiansemal Badung, Selasa (14/6/2022).

Sekda Adi Arnawa secara simbolis menyerahkan punia sebesar Rp225.000.000 yang diterima langsung oleh Panitia Karya Nyoman Astawa. Selain melaksanakan persembahyangan bersama, Sekda Adi Arnawa juga mendapat kehormatan melakukan prosesi mendem pedagingan di Pelinggih Padmasana dan dilanjutkan dengan menorehkan paraf pada prasasti Pura Gede Bhujangga Waisnawa Sibang Gede. Turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan Badung, I Gede Eka Sudarwitha, Kepala BKPSDM, I Gede Wijaya, Camat Abiansemal, I.B. Putu Mas Arimbawa, para Pemangku, Penglingsir Puri Sibang serta tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Tirta Yatra Ke-8 Pura di Bali Barat, Bupati Tamba Serahkan Hibah

Sekda Adi Arnawa dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya selaku Pemerintah Kabupaten Badung tentu selalu memberi ruang dan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pasemetonan Bhujangga Waisnawa Sibang Gede Abiansemal dalam melaksanakan upacara secara bersama-sama dengan tulus ikhlas.

“Tentu niatan yang suci ini mendapatkan berkah dan aura yang positif bagi kita semua. Marilah kita selalu ngastiti bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan Ida Betara-Betari yang berstana di Pura Gede Bhujangga Waisnawa semoga apa yang kita doakan bersama dan berkat sinar suci beliau agar kita selalu dapat kerahayuan dan kesejahteraan,” ujarnya.

Baca Juga :  Banyak Warga Alami Sakit, Kapolsek Dampingi Tim Kesehatan Lakukan Pemantauan

Sementara itu Panitia Karya Nyoman Astawa mengatakan atas nama keluarga besar pasemetonan Bhujangga Waisnawa, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah memberikan hibah untuk penataan pura tahun anggaran 2019 sebesar Rp1,5 Miliar di tahap I dan Rp798 Juta di tahap II. Seusai penataan dan pelaksanaan perbaikan di beberapa pelinggih, Penyengker Bale Kulkul, Bale Gong Pewaregan dan Bale Piasan tentunya perlu diupacarai untuk disucikan kembali.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Guru Wisesa dalam kesempatan ini dihadiri Sekda Adi Arnawa beserta jajaran yang telah hadir dan ikut memberikan doa serta menjadi upasaksi ditengah keluarga besar Bhujangga Waisnawa. Dalam pelaksanaan prosesi Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Pedudusan Alit Rsi Gana, Caru Balik Sumpah Mepandes lan mepetik dipuput oleh Ida Rsi Angling Gianyar, dimana puncak karya akan kami laksanakan pada 18 Juni 2022 mendatang,”jelasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini