Desa Dauh Puri Kaja
Desa Dauh Puri Kaja Buka Lahan Program Padat Karya Tunai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Untuk meningkatkan pendapatan, mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Desa Dauh Puri Kaja  membuat program Padat Karya Tunai tentang Ketahanan Pangan Hewani dan Nabati. Untuk itu Desa Dauh Puri Kaja melakukan pembukaan lahan dalam persiapan Padat Karya Tunai Ketahanan Pangan Hewani dan Nabati di Jl. Kalisari Gg I Dusun Lumintang pada Kamis (16/6/2022).

Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, I Gusti Ketut Sucipta mengatakan, lahan yang disiapkan seluas 700m2 akan digunakan untuk membuat kandang ayam dan menanam berbagai sayuran. Kandang yang dibuat tersebut akan digunakan untuk memelihara ayam kampung.

Baca Juga :  Berikan Pemahaman dan Penajaman Bagi Perangkat Daerah, Pemkot Denpasar Gelar Bimtek Fasilitasi, Asistensi dan Supervisi Penyusunan LPPD

“Untuk menjalankan program ini akan dikelola sebanyak 12 orang masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan atau pengangguran,” ungkap Sucipta.

Hal ini sesuai dengan tindak lanjut dari program pemerintah pusat, berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Lebih lanjut ia mengatakan hasil panen yang dilakukan akan diputar untuk membesarkan ternak ayam. Dengan adanya program padat karya tunai ini, ia berharap warga terbantu dalam memenuhui kebutuhan ekonomi keluarga. Tentunya bantuan yang diterima tidak cuma-cuma. Disisi lain program ini dapat mendidik warga untuk ikut berpartisipasi dan lebih aktif lagi dalam berusaha tani dan ternak.

Sucipta menambahkan pembukaan lahan ini melibatkan warga Desa Dauh Puri Kaja, Ketua BPD, Tim Ahli Kota Denpasar, Tim Pendamping Desa Kecamatan Denpasar Utara, Kelian Adat Br. Lumintang, Kadus se-Desa Dauh Puri Kaja.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News