Stunting
Cegah Stunting, TP PKK Kota Denpasar Selenggarakan Posyandu Paripurna Di Kecamatan Denpasar Barat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai titik tolak momentum penggiatan gerakan Posyandu, Tim Penggerak PKK Kota Denpasar pada Jumat (24/6/2022) menggelar Posyandu Paripurna di Kecamatan Denpasar Barat bertempat di Banjar Buana Indah, Kelurahan Padangsambian. Posyandu Paripurna ini menyasar pelayanan kesehatan bagi kalangan masyarakat di segala lapisan usia, yakni balita, ibu hamil dan juga lansia. Layanan berbasis kesehatan masyarakat ini juga ditujukan sebagai salah satu upaya untuk pencegahan stunting bagi balita yang kini sedang gencar ditanggulangi.

Pada kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny Sagung Antari Jaya Negara yang berhalangan hadir karena harus menghadiri acara di tempat lain, diwakili Istri Wakil Wali Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa yang didampingi oleh Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Sekretaris Dinas PMD, Tresna Yasa, Lurah Padangsambian, I Ketut Artika dan juga dari pihak sponsor Ketua DPD PPNI Kota Denpasar, I Ketut Sudiarta.

Baca Juga :  BNNK Denpasar Obok-obok Rumah Kos di Renon

Dalam sambutan tertulis Ketua TP PKK Kota Denpasar yang dibacakan oleh Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa mengatakan, kegiatan posyandu yang digelar oleh TP PKK Kota Denpasar ini didukung dengan pola integrasi layanan Bina Keluarga Balita (BKB). Integrasi layanan BKB ini menekankan pada pada pembangunan manusia sejak dini, baik fisik maupun mental, intelektual, sosial dan moral.

“Selain itu Layanan posyandu ini adalah juga hasil sinergitas dengan Dinas Kesehatan untuk memberikan pendampingan kesehatan secara penuh dan rutin dengan selama 3 bulan di masing-masing lokasi Posyandu Paripurna,” kata Ny. Ayu Kristi.

Dalam sambutan itu dikatakan juga posyandu sebagai Unit Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) bisa dijadikan sebagai pendeteksi awal kesehatan masyarakat.

“Maka kami mengharapkan kegiatan posyandu ini bisa dipergunakan sebaik-baiknya untuk semua lapisan elemen masyarakat. Agar nantinya dapat diikuti secara berjenjang di semua wilayah Denpasar Barat untuk terus menggiatkan kegiatan posyandu,” ujar Ny. Ayu Kristi.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Kota Denpasar, Group Astra Bali Serahkan Gazebo di DAM Peraupan

Posyandu Paripurna Kecamatan Denpasar Barat itu juga menjadi momentum bagi TP PKK Kota Denpasar untuk membagikan bantuan Pemberian Makan Tambahan (PMT) baik mentah dan matang.

Bantuan berupa biskuit dan susu merupakan bantuan PMT dari TP PKK Provinsi Bali. Sedangkan TP PKK Kota Denpasar sebagai penyelenggara acara dan PPNI Kota Denpasar sebagai pendukung acara memberikan bantuan PMT dan vitamin. Di lain sisi, BKKBN Provinsi Bali juga turut memberikan bantuan berupa susu bagi para peserta posyandu.

Lurah Padangsambian, I Ketut Artika sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara menyambut baik acara ini bisa diselenggarakan di wilayahnya.

Baca Juga :  KPK dan Gubernur Koster Bersinergi Tingkatkan Pendidikan Anti Korupsi di Bali Melalui Kekuatan Desa Adat

“Pelaksanaan posyandu di wilayah kami merupakan sebuah kegiatan rutin dan berkesinambungan yang dilakukan oleh para kader setiap bulannya. Saya harapkan pada kader posyandu hal-hal yang selama ini sudah didapatkan melalui pelatihan untuk posyandu agar dapat dituangkan dalam pelayanan masyarakat,” ungkap Ketut Artika.

Sementara itu, sebagai pihak pendukung kegiatan ini, Ketua DPD PPNI Kota Denpasar, I Ketut Sudiarta menuturkan, PPNI Kota Denpasar sangat mendukung kegiatan posyandu paripurna ini.

“Kegiatan pengabdian masyarakat di Kota Denpasar ini kami lakukan secara terus-menerus setiap tahunnya dan secara rutin setiap 3 bulan. Pelaksanaan pengabdian kami ini adalah sinergitas kami dengan para pihak, salah satunya yang kami tuangkan dalam kegiatan Posyandu Paripurna ini. Jadi kami berharap kegiatan pengabdian kami ini akan bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat,” kata Ketut Sudiarta.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini