KMHDI
Buka Rakornas KMHDI, Wapres Harapkan Pemuda Dapat Berkontribusi dalam G20. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, LOMBOK – Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), K.H. Ma’ruf Amin, menyampaikan, peran pemuda dalam presidensi G20 tidak sebelah mata. Melainkan, pemuda memiliki peran strategis dalam menentukan arah kebijakan dunia kedepan.

Hal ini disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Nasional XV Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (Rakornas XV KMHDI), bertempat di Hotel Prime Park, Lombok, pada Rabu (30/6/2022).

“Tahun ini kita (Indonesia) berkesempatan menjadi ketua presidensi G20. Untuk itu, sebetulnya pemuda memiliki peran startegis terutama dalam menentukan arah kebijakan kedepan melalui forum-forum seperti Youth-20,” ungkap Ma’ruf Amin.

Ma’aruf Amin juga menambahkan ada beberapa isu startegis yang bisa diambil oleh para pemuda saat ini diantaranya: isu pariwisata, pemulihan ekonomi, digital, tranformasi, ekonomi, lingkungan, dan transisi energi.

Baca Juga :  KMHDI Ajak Generasi Muda Hindu Jangan Terjebak Isu SARA

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa, melalui pengalaman Indonesia mengelola kemajemukan dan kebhinekaan. Pada kepemimpinan G20 ingin meningkatkan kerjasama antar negara.

“Dengan kerja sama ini, kita (Indonesia) berharap tidak ada satupun negara yang tertinggal,” terang Ma’ruf Amin.

Ia pun berharap agar KMHDI dapat membantu serta mendukung secara aktif kepemimpinan Indonesia dalam G20.

“Rakornas dapat menjadi forum menggali gagasan dalam membantu pemerintah untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk pembangunan bangsa dan negara,” terang Ma’aruf Amin.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini