Sepak Bola
Buka Liga Santri 2022, Bupati Tamba Minta Jaga Sportivitas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Kompetisi sepak bola liga santri tahun 2022 memperebutkan piala Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) telah dimulai di Kabupaten Jembrana dibuka langsung orang nomor satu di Bumi Mekepung, Bupati I Nengah Tamba dengan tendangan pertamanya.  Tampak hadir Wabup Patriana Krisna, Sekda Kabupaten Jembrana, I Made Budiasa serta Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1617/Jembrana, Mayor infanteri Gusti Made Saputra.

Ada 6 klub sepak bola santri se-kabupaten Jembrana yang akan bertanding dengan sistem gugur.  Pertandingan itu akan berlangsung selama 5 hari yakni Senin (20/6/2022) hingga Selasa (27/6/2022).

Liga santri selain menjadi ajang mencetak para atlet muda, juga menjadi ajang silaturahmi antar santri untuk soliditas dan persatuan.  Kick off diawali dengan pertandingan antara Al-Hudayah vs Darul Ma-Arif.

Sementara itu secara pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bupati Tamba menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan sepak bola ini.

“Hari ini saya membuka kejuaraan sepak bola yang diikuti oleh para santri yang dikabupaten Jembrana, kebetulan mungkin di Bali ini, dijembrana lah yang pesertanya paling banyak ada 6 club dan terimakasih kepada Bapak KASAD karena aktivitas dari pada sepak bola ini menumbuhkan daya semangat kepedulian anak-anak muda tentunya kepada bela negara. Saya juga mengharapkan kepada hasil akhir dari pertandingan ini ada putra-putra Jembrana yang berbakat dan tentunya mudah-mudahan ditampung menjadi satu kesatuan di TNI angkatan darat itu harapan kami,” kata Bupati Tamba, Selasa (20/6/2022) usai membuka Liga Santri di Stadion Pecangakan

Ditambahkannya agar kegiatan ini diagendakan dengan baik mengingat dalam bidang pembangunan keolahragaan melalui kejuaraan sering hanya diukur satu-satunya dengan ukuran medali atau rangking, padahal selain prestasi atau medali yang terpenting dapat hasil atau indikator positif dari pembangunan dan aktivitas olahraga.

Baca Juga :  Kandidat Gold, Desa Manistutu Jembrana Binaan PLN Masuk Tahap Penilaian

“Saya sampaikan selamat bertanding jaga selalu sportivitas selama pertandingan. Pertandingan yang kita laksanakan saat ini dalam rangka pencarian bibit atlet, bukan dalam rangka pertandingan menang dan kalah untuk memperebutkan piala. Untuk itu jaga faktor keamanan dan keselamatan selama pertandingan, sesuai dengan visi kabupaten Jembrana mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan Tri Hita Karana dan misi membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berdayasaing (jana kertih),” ujarnya.

Mewakili Dandim 1617/Jembrana, Kasdim 1617/Jembrana, Mayor infanteri Gusti Made Saputra dalam sambutannya mengatakan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini, ia berharap semoga seluruh rangkaian pertandingan dapat terselenggara dengan baik dan sesui dengan jadwalnya yang telah direncanakan.

Baca Juga :  Jelang Kuningan dan Nyepi, Bupati Tamba Salurkan Beras CPP Tahap II

“Seperti kita ketahui bersama bahwa sepak bola menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati dan digemari oleh hampir semua orang diberbagai kalangan usia dan lapisan masyarakat. Sehingga tidak ada jenis olahraga lain yang mendapatkan sambutan yang paling meriah dari masyarakat di berbagai negara selain sepak bola,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa TNI Angkatan Darat menaruh perhatian terhadap sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga yang diharapkan mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional

“Itu yang menjadikan TNI AD bersama PSSI tergugah untuk membangun sebuah komitmen bersama demi kemajuan dunia sepak bola tanah air dengan menyelenggarakan kompetisi liga santri yang akan diikuti seluruh santri/pondok pesantren yang ada di Indonesia. Secara khusus kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi para santri seluruh Indonesia yang ada di 34 provinsi. Pertandingan piala KASAD liga santri pssi tahun 2022 akan diawali dari pertandingan ditingkat kabupaten/kota dari tanggal 20 juni hingga 30 juli 2022. Kemudian ditingkat provinsi dilaksanakan dari tanggal 3 Agustus sampai 23 September 2022, Serta pertandingan ditingkat nasional yang menampilkan tim-tim terbaik dari provinsi akan dilaksanakan tanggal 25 September hingga 22 Oktober 2022,” tuturnya.

Baca Juga :  Dibuka Bupati, Porsenijar Karangasem 2024 Diikuti 718 Peserta

Melalui kompetisi ini, juga diharapkan mampu menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air bangsa dan negara dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai religius Keagamaan.

“Disamping itu kegiatan ini juga dapat berfungsi sebagai wahana dalam rangka pembinaan potensi sepak bola bagi generasi muda sekaligus mencari talenta-talenta berbakat yang diharapkan dapat tampil pada level sepak bola yang lebih tinggi baik Tingkat nasional maupun internasional. Hanya pemain bermantal kuatlah dan memiliki jiwa petarung yang akan mencapai kemenangan dan hasil terbaik dalam setiap pertandingan untuk itu junjungan tinggi sportivitas dengan mengedepankan rasa persahabatan, persaudaraan persatuan dan kesatuan dalam rangka meningkatkan solidatas dan solidaritas sesama santri,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada pemain, perangkat penyelenggara dan para wasit agar selalu menjunjung tinggi sportivitas dan fair play.

“Kompotisi ini merupakan wahana uji tanding oleh karena itu disetiap pertandingan harus dilakukan dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi sportivitas serta patuhi aturan permainan yang berlaku,” ucapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News