UKM
Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, saat berada di lobby hotel Discovery Kartika Plaza Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam upaya untuk merealisasikan 6 program prioritas guna membangkitkan sektor koperasi dan UMKM pasca hantaman pandemi Covid-19 yang terjadi, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) Republik Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan (Rakortekcan) Bidang Koperasi, UMKM dan Kewirausahaan Tahun 2022, bertempat di Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, pada Senin (20/6/2022) lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) RI, Drs. Teten Masduki, yang dalam kesempatannya hadir di Bali memimpin langsung rapat yang digelar untuk menghimpun evaluasi pelaksanaan program pengembangan Koperasi, UMKM, dan Kewirausahaan yang berjalan, dan melakukan sinkronisasi juga koordinasi terkait 6 (enam) Program Prioritas yang akan dijalankan di tahun 2023 mendatang.

Baca Juga :  Persani Denpasar Target 4 Emas Pada Porprov

“Ya kita berharap rapat ini dapat menyelaraskan dan bersinergi bersama dengan berbagai pihak, dalam mendukung pengembangan Koperasi dan UMKM kedepan pasca hantaman krisis pandemi Covid-19,” jelas Menteri Teten.

Lebih lanjut, dalam kegiatan yang berlangsung dari tanggal 19-20 Juni 2022 tersebut, dirinya juga menjelaskan 6 program prioritas yang dimaksud yaitu, Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM, Major Project: Pengelolaan Terpadu UMKM, Implementasi Perpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional, Redesign: PLUT-KUMKM/The New PLUT sebagai Center of Excellence, Koperasi Modern melalui Korporatisasi Pangan (Petani dan Nelayan), dan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, dimana pihaknya juga ingin memastikan bahwa 6 agenda tersebut bisa dijalankan lewat sinergi kedeputian dan Pemerintah Daerah.

Baca Juga :  90,8 Persen Penderita TB di Denpasar Sembuh

“Sinergi program ini sangat penting untuk menyelaraskan produktivitas KUMKM dan menambah wirausaha baru untuk naik kelas. Kita akan fokus menggarap produk UMKM yang punya potensi besar,” paparnya.

Sementara itu, dalam keterangan pers yang diterima pada Selasa (21/6/2022) melalui GM Secretary Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, Wulansary mengatakan, General Manager Discovery Kartika Plaza Hotel, Pandu Djojoadisoeprapto menyambut baik kedatangan Menteri Koperasi dan UKM RI, Drs. Teten Masduki tersebut di Discovery. Untuk mendukung kebijakan MenkopUKM tersebut, pihakanya juga sudah menyediakan produk-produk UMKM kerajinan khas Bali di lobby hotel seperti Kain Endek asli Bali yang dapat memenuhi kebutuhan tamu, baik tamu mancanegara maupun tamu lokal.

Baca Juga :  Kapolres Badung Dampingi Kapolda Bali dalam Kunjungan Kerjanya di Pura Taman Ayun Mengwi

“Kami juga turut mendukung program prioritas Pak Menteri dengan menyediakan produk UMKM di lobby hotel seperti Kain Tenun asli Bali untuk memenuhi kebutuhan tamu. Dimana nantinya kami berharap gerakan ini dapat melestarikan kerajinan budaya Bali dengan sinergi yang kami lakukan terhadap produk-produk UMKM yang ada di Bali,” jelasnya. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini