Undiksha
UTBK-SBMPTN 2022, Undiksha Tetap Ketatkan Protokol Kesehatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali menjadi pelaksana Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tahun 2022. Ujian perdana dilaksanakan pada, Selasa (17/5/2022) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ujian ini dilaksanakan dalam dua gelombang. Pertama, dari tanggal 17 sampai 23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei 2022. Peserta ujian secara keseluruhan sebanyak 2.142 orang, terdiri atas 549 orang bidang saintek, 1.426 bidang soshum, dan 167 campuran. Peserta ini tidak hanya berasal dari Bali, tetapi juga sejumlah daerah lainnya di Bali.

Baca Juga :  Sasar Masyarakat dan Pelaku Usaha, Desa Dauh Puri Kaja Rutin Laksanakan Patroli Dialogis serta Sosialisasi Protokol Kesehatan

“Untuk peserta, memang terbanyak dari Bali,” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I.

Dijelaskan lebih lanjut, pada ujian ini Undiksha hanya sebagai pelaksana. Dalam sehari, terdapat dua sesi, yaitu pagi dan siang. Terdapat delapan ruangan yang disiapkan, tersebar di Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Fakultas Ekonomi. Menghadapi ujian tahunan ini, Undiksha melakukan persiapan maksimal, baik pada sarana prasana maupun pengawas dan panitia yang bertugas.

Baca Juga :  Perlu Waktu 1 Tahun ke Depan Agar Konsep Medeka Belajar-Kampus Merdeka Mapan

“Untuk UTBK-SBMPTN penyelenggaranya LTMPT. Kami di Undiksha hanya sebagai pelaksana, mempersiapkan sarana prasana dan pengawas,” tegasnya.

Pengawasan ujian dilakukan secara ketat. Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipatuhi oleh peserta. Meskipun pandemi Covid-19 melandai, ujian ini juga tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Peserta harus cek suhu badan, mencuci tangan, dan wajib menggunakan masker. Untuk ruangan ujian juga memperhitungkan jaga jarak,” tegasnya.

Pada ujian berikutnya diharapkan tetap mendapat dukungan dari para peserta sehingga berjalan lancar. Hal ini juga menjadi harapan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.

Baca Juga :  Lagi, 19 Pelanggar Prokes Terjaring Tim Yustisi Denpasar

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman LTMPT, hasil ujian ini diumumkan pada 23 Juni 2022. Kuota penerimaan mahasiswa melalui UTBK-SBMPTN sebanyak 40 persen dari daya tampung perguruan tinggi. Bagi calon mahasiswa yang belum bisa mengikuti seleksi ini, Undiksha masih membuka pendaftaran melalui Seleksi Masuk Bersama Jalur Mandiri Computer Based Test (SMBJM-CBT) dari 13 Mei – 24 Juni 2022.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini