TMMD
TMMD ke-113 Kodim 1610/Klungkung di Wilayah Nusa Penida Resmi Dibuka Oleh Bupati Klungkung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., mendampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, S.Pd., M.M., Dalam Upacara Pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa atau TMMD Ke-113 Kodim 1610/Klungkung yang berlokasi di Balai Banjar Pundukae Kelod Ds.Bungamekar Kec. Nusa Penida Kab.Klungkung resmi dibuka. Upacara Pembukaan dilaksanakan, bertempat di Balai Banjar Pundukae Kelod, dengan tema ‘Melalui TMMD Dedikasi Terbaik Membangun Negeri’, Kamis (11/5/2022).

Dari jajaran TNI tampak hadir Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., beserta jajarannya, Forkopimda kabupaten Klungkung serta aparat desa Nusa Penida.

Dalam Sambutanya Bupati klungkung mengatakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan, demi mensejahterakan masyarakat di daerah serta sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI-Rakyat, Keharmonisan dan kebersamaan atau kemanunggalan TNI-rakyat selama ini menjadi salah satu pilar tegaknya NKRI.

“Selain itu juga TMMD merupakan suatu kekuatan dahsyat untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, pembangunan SDM dan lain-lain,” tambahnya.

“Pelaksanaan program TMMD ke-113 Tahun 2022 yang berlangsung dari tanggal 11 Mei sampai dengan 9 Juni 2022 ini akan di arahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di Desa Bunga Mekar, Desa Sakti dan Desa Batu Kandik, untuk membuka isolasi antar desa sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah, meningkatkan kesehatan lingkungan dan sanitasi di kawasan pedesaan serta gerakan masyarakat hidup sehat,” ujar Bupati Klungkung.

“Pada akhirnya melalui TMMD ini, mari kita optimalkan berbagai program kegiatan lintas sektoral guna membantu penanggulangan kemiskinan, mengurangi pengangguran di Nusa Penida pada umumnya dan di Desa Bunga Mekar pada khususnya. Kita ingin desa-desa di Nusa Penida makin maju, mandiri dan masyarakatnya pun semakin makmur sejahtera, inilah cita-cita yang harus kita wujudkan bersama,” pungkasnya.

Pembukaan TMMD TNI Manunggal Membangun Desa di Tandai Dengan Penanda tanganan naskah penyerahan sasaran, Pemukulan Gong oleh Bupati Klungkung dan didampingi Danrem 163/Wira Satya serta unsur FKPD Kab. Klungkung sebelumnya dilaksanakan Penyerahan Tolkit dan sarana pendukung secara simbolis oleh Bupati Klungkung dan Penyerahan paketan sembako kepada masyarakat oleh bapak Danrem 163/Wira Satya.

Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Klungkung yang telah mendukung TMMD ini.

“TMMD ini merupakan program TNI yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah. Artinya, diharapkan dengan program ini kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” jelas Danrem.

“Karena jalan ini semuanya menghubungkan ke jalan yang lain, mudah-mudahan bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat, dan sekolah-sekolah yg dulunya mungkin agak jauh bisa lebih dekat  dan bisa lebih cepat menjangkau ke tempat tempat wisata yang ada di Nusa penida ini,” pungkas Danrem. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News