Mulang Dasar Beji Agung Mojosari
Plt. Dirjen Bimas Hindu Hadiri Upacara Mulang Dasar Beji Agung Mojosari Pura Sasana Bhina Yoga Mojokerto. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MOJOKERTO – Umat Hindu Mojokerto melangsungkan upacara Mulang Dasar Beji Agung Mojosari Pura Sasana Bhina Yoga pada Minggu (15/5/2022) di Mojokerto, Jawa Timur.

Plt. Dirjen Bimas Hindu, Komang Sri Marheni yang turut hadir mengaku bangga dan larut dalam upacara suci tersebut.

“Saya merasa bangga bisa mengikuti prosesi Mulang Dasar yang dilaksanakan secara sakral ini. Kita harus jaga dan ajarkan tradisi luhur ini kepada generasi penerus Hindu,” ungkapnya.

Upacara Mulang Dasar merupakan peletakan batu pertama atau panca datu sebagai simbol akan dibangunnya tempat suci bagi umat Hindu yang mengacu pada ajaran astabhumi aji kosala-kosali.

Baca Juga :  Ngembak Geni di Masa Pandemi

Plt. Dirjen Sri Marheni juga berpesan agar rumah ibadah umat Hindu terus di rawat dan diperkuat fungsinya sebagai tempat pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Hindu.

“Selain sebagai tempat suci, mari kita perkuat fungsi rumah ibadah kita sebagai tempat pembinaan spritual dan karakter generasi kita, sebagai generasi penerus Hindu ke depannya,” sambungnya.

Sejalan dengan program Kementerian Agama RI, Plt. Dirjen Sri Marheni juga mengajak umat Hindu di Mojokerto untuk berkolaborasi menyukseskan program-program keumatan seperti Tahun Toleransi 2022.

“Kementerian Agama adalah milik kita bersama, untuk itu mari kita berkolaborasi. Khususnya tahun ini adalah Tahun Toleransi yang digerakkan oleh Kementerian Agama,” tutupnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini