Enterpreneurship
Pelatihan Enterpreneurship Digital, Bupati Tamba: Buka Pasar yang Lebih Luas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Mewujudkan Jembrana tahun emas 2026, pemerintah kabupaten Jembrana terus menggelar pelatihan-pelatihan kewirausahaan guna meningkatkan kompetensi SDM masyarakat Jembrana. Terbaru, Jembrana bersinergi dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk menggelar pelatihan Digital Enterpreneurship Academy di Kampus Triatma Mulya Kecamatan Negara, Jumat (27/5/2022).

Pelatihan digelar selama dua hari (27-28 Mei) tersebut, dibuka secara langsung Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. Turut hadir dari perwakilan Kemenkominfo Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto beserta jajaran, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkab Jembrana.

Adapun peserta pelatihan diikuti sebanyak 150 peserta yang berasal dari pelaku UMKM dan pelaku usaha serta calon – calon pengusaha yang baru lulus pendidikan di kabupaten Jembrana.

Usai membuka pelatihan, Bupati I Nengah Tamba menyambut baik pelatihan kewirausahaan digital. Ia berharap pelatiha -pelatihan seperti ini agar bisa terus dilaksanakan di kabupaten Jembrana.

Baca Juga :  Walikota Rai Mantra Resmikan Pasar Anyar Pitik Sari Pedungan

“Pelatihan ini adalah bagian penting, langkah-langkah awal kita menuju Jembrana Emas 2026. Apalagi ini pelatihan enterpreneurship yang berbasis digital, tentu ini sesuai dengan era sekarang yang sudah serba digital. Jadi sangat bermanfaat bagi anak-anak muda kita di Jembrana,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati asal Desa Kaliakah ini mengharapkan agar pelatihan ini dapat membantu pengusaha UMKM dapat pulih kembali setelah sebelumnya diterjang pandemi. Diharapkan juga pelatihan ini dapat menggerakkan ekonomi digital, meningkatkan penjualan serta membuka akses baru ke pasar yang lebih luas.

Baca Juga :  Ketua Dewan Dukung Langkah Bupati Badung Optimalisasi Pendapatan dan Perjuangkan Dana Pusat

“Maka dari itu saya minta agar para peserta dapat bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini dari awal sampai akhir, sehingga pada akhirnya berguna dan bisa diterapkan dalam meningkatkan usahanya,” sambungnya.

Sementara Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto menjelaskan Digital Enterpreneurship Academy merupakan program dari Kemenkominfo yang bertujuan menyiapkan SDM unggul untuk mempercepat transformasi digital bidang kewirausahaan dalam rangka meningkatkan ekonomi digital.

“Sasaran program ini mencakup mencetak pewirausahaan digital baru, meningkatkan skill pewirausahaan digital maju dan pengembangan kewirausahaan digital didesa yang inklusif,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Giri Prasta Hadiri Pelantikan Pengurus ST. Yowana Shanti Desa Adat Sulangai

Hary menambahkan, program pelatihan DEA ini sangat cocok diterapkan di kabupaten Jembrana sesuai slogan mengenai mewujudkan Jembrana Emas 2026. “Kami dari Kementerian Kominfo tentu sangat mendukung akan hal itu. Jadi kita bisa wujudkan seluruh segmen masyarakat itu bisa mengikuti pelatihan-pelatihan digital sehingga kompetensi untuk menguasai dan memanfaatkan teknologi digital itu akan terjadi dan ini akan mampu mewujudkan Jembrana Emas 2026,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini