Mimbar Anak Bali
Mimbar Anak Bali, Cerminan Bangkitnya Semangat Anak-Anak Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Setelah vakum selama dua tahun, Forum Anak Daerah (FAD) Provinsi Bali kembali membangkitkan api semangat anak-anak Bali dalam acara Mimbar Anak Bali XIV/2022.

Puncak acara ini dilaksanakan pada Selasa (10/5/2022) bertempat di Gedung Ksirarnawa, Art Centre, Denpasar. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Anak Bali tahun 2022 yang mana akan mewakili Provinsi Bali menjadi delegasi dalam kegiatan Forum Anak Nasional tahun 2022. Sebelum memasuki puncak acara Grand Final, telah dilaksanakan rangkaian proses seleksi pada 24 April 2022 & 8 Mei 2022.

Baca Juga :  Sambut Hari Anak, FAD Kota Denpasar Gelar Berbagai Kegiatan

Selain memilih Duta Anak Bali, dalam kegiatan Mimbar Anak Bali ini juga dilaksanakan Sidang Penyusunan Suara Anak Bali 2022, yang merupakan aspirasi dari anak-anak di seluruh Kabupaten/Kota di Bali dengan memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan Suara Anak Bali yang independen, representatif, inklusif, dan fleksibel.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali, I Dewa Gede Mahendra Putra, SH., MH., dalam sambutannya mengatakan, dinas harus berani mendukung acara anak-anak, jangan padamkan api kreativitas dari anak-anak di Bali.

“Kita selaku Dinas yang berperan sebagai orang tua mereka harus dapat memfasilitasi kegiatan dari anak-anak Bali,” ujarnya.

Setelah menjalani proses seleksi yang panjang, maka didapatkan hasil 5 Besar Duta Anak Bali tahun 2022 yaitu sebagai berikut:

  1. Ni Wayan Sriyanti, Komisi Pendidikan dari Kabupaten Buleleng
  2. I Gusti Ngurah Bagus Ananta Surya Diputra, Komisi Kesehatan dari Kabupaten Tabanan
  3. Putu Dena Gayatri Pramesti, Komisi Perlindungan Khusus, dari Kota Denpasar
  4. Ida Bagus Made Kesawa Telaga, Komisi Partisipasi dari Kabupaten Badung
  5. I Kadek Krishna Suputra, Komisi Jaringan, dari Kabupaten Gianyar.
Baca Juga :  Beragam Kegiatan Meriahkan Peringatan Hari Anak Nasional di Kota Denpasar

Selain itu, juri dalam kegiatan Mimbar Anak Bali XIV/2022 menegaskan bahwa yang terpenting bukan apa yang terjadi hari ini, tetapi apa yang akan dilakukan setelah hari ini, serta bagaimana duta-duta yang terpilih menjalankan tanggung jawabnya.

Dengan terpilihnya Duta Anak Bali tahun 2022, diharapkan dapat mendukung pemenuhan hak-hak anak khususnya di Provinsi Bali.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini