FTP Unud
Kunjungan Lapangan Mata Kuliah Industri Kreatif Penunjang Pariwisata Prodi Teknologi Industri Pertanian FTP Unud di Sababay Winery. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana menyelenggarakan Kuliah Lapangan untuk Mata Kuliah Industri Kreatif Penunjang Pariwisata pada Sabtu (21/5/2022). Kegiatan ini dilaksanakan di Sababay Winery.

Sababay Winery merupakan salah satu perusahaan lokal bali yang terletak di kabupaten Gianyar yang melakukan produksi Wine. Uniknya produksi Wine di Sababay ini berkolaborasi dengan petani anggur local, pembuat anggur, ahli anggur, dan distributor untuk menciptakan produk lokal bali dengan standar internasional serta menghormati prinsip transparansi, kesetaraan, keragaman, dan hak individu di perusahaan dan komunitas sehingga Produk wine yang dihasilkan dapat dijadikan salah satu industri kreatif dari hasil pertanian yang menunjang pariwisata.

Baca Juga :  FISIP Udayana Laksanakan Pengabdian Masyarakat ke Nusa Penida

Beberapa penghargaan telah diraih oleh Sababay Winery. Sejak berdiri pada tahun 2010 dan mengeluarkan produk pertama di tahun 2013. Sababar Winery mampu meraih First Award pada International Wine and Spirit Competition di Singapura tahun 2014. Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Bapak Ir. Cok. Udaksana selaku Chief Operation Officer.

Beliau mengatakan pada tahun 2018 sudah mendapatkan lebih dari 40 internasional awards dan pada tahun 2021 SABA Grappa yang merupakan salah satu produk terbaru yang dihasilkan mampu meraih double gold medal dan bronze medal untuk SABA Vodka Infusion by San Fransisco World Spirits Competition.

Baca Juga :  Peringati Hari Susu dan Hari Jamu, HIMATEPA FTP Unud Edukasi serta Bagikan Susu dan Jamu Kepada Masyarakat

Kuliah lapangan ini didampingi oleh 3 dosen pengampu mata kuliah yaitu Ir. Anak Agung Putu Agung Suryawan Wiranatha, M. Sc., Ph.D, Prof. Dr. Ir. I Ketut Satriawan, M.T dan Ir. Ida Bagus Wayan Gunam, M.P., Ph.D dan disambut langsung oleh COO (Chief Operation Officer) Sababay Winery Ir. Cok. Udaksana dan dalam pelaksanaannya pemaparan kuliah lapangan dilakukan oleh Dewa Ayu Kiki.

Dalam kegiatan ini mahasiswa dijelaskan tentang kegiatan perusahaan dari proses produksi produk, jenis produk (wine dan liquor) dan melihat langsung ke pengolahan wine. Mahasiswa juga diberikan penjelasan tentang cara menikmati wine dan wine testing.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, PLN Kembangkan 104 Desa Wisata Melalui Program TJSL

“Melalui kegiatan lapangan ini diharapakan mahasiswa mampu memahami industri kreatif dari hasil pertanian dan memberikan inspirasi dalam dan melakukan eksplorasi lebih banyak lagi industri kreatif berbahan hasil pertanian untuk penunjang pariwisata,” ucap Ir. Anak Agung Putu Agung Suryawan Wiranatha, M.Sc., selaku salah satu dosen pengampu mata kuliah. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini