Bali Bangkit
Ketua Dekranasda Provinsi Bali Buka Pameran IKM Bali Bangkit Tahap IV Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny. Putri Koster membuka secara resmi pelaksanaan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap IV Tahun 2022, di Gedung Ksiraarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Jumat (6/5/2022).

Mengawali arahannya, Ny. Putri Koster menyampaikan bahwasannya Pameran IKM Bali Bangkit yang digelar sepanjang tahun oleh Dekranasda Provinsi Bali, nampaknya seperti kegiatan kecil namun sesungguhnya berdampak sangat besar.Kegiatan ini tidak hanya menggerakkan ekonomi  Bali tetapi lebih daripada itu yaitu menjaga warisan budaya yang diwariskan para leluhur kita yang  salah satunya adalah kain tenun endek.

Lebih jauh, wanita yang akrab dipanggil Bunda Putri menyampaikan bahwasannya kain tenun endek  ada dan menyebar di seluruh kabupaten/kota di Bali dengan kekhasannya masing masing, dari dulu kita sudah menenun di Bali, dari dulu kita sudah menjual dan memakai kain tenun endek. Namun kita lalai dalam menjaganya. Ada pola ataupun perilaku kita yang jika kita biarkan akan membuat suatu saat kain tenun endek tidak lagi menjadi milik Bali.

Bunda Putri memaparkan pola yang sering kita   lakukan salah satu contohnya kita  menyeragamkan endek baik motif maupun warna untuk seragam,padahal kita ketahui kain tenun  endek itu limited edition, handmade dan warnanya dicelup dengan warna alami. Motif bisa sama tetapi warna tidak dapat persis sama. Lalu hal yang terjadi adalah ketika kita ingin menyeragamkan sesuatu tetapi tenaga kerja tidak siap,akhirnya kita mencari alternatif yang mampu mengerjakan sesuai keinginan kita dan  akhirnya sudah berjalan puluhan tahun kain tenun kita ditenun di luar Bali.

Baca Juga :  Safari Ramadhan APJII Bali Nusra, Mempererat Silaturahmi dan Peduli pada Sesama

Hal ini tentu saja berdampak bagi Bali, untuk itu kita perlu menjaga perilaku kita. Mestinya kain tenun tradisional dibuat dimana tenun itu lahir dan dibuat di daerah asalnya sendiri. Kain tenun ditenun sebanyak banyaknya di Bali sehingga tenaga kerja akan terserap lalu dijual di Bali maupun keluar Bali bahkan ke seluruh dunia jika memungkinkan. Hal ini akan memperkuat perekonomian Bali, menyerap tenaga kerja dan mempertahankan warisan budaya.Namun  sebaliknya jika kita masih saja berperilaku ‘bunuh diri’ maka kita akan kehilangan endek kita karena dikerjakan dimana mana, pasar kita hilang, kekuatan ekonomi berkurang dan perajin kita  pelan pelan akan mati suri lalu menghilang.

“Untuk itu kita harus bersinergi, bekerja bersama sama menjaga warisan leluhur yang diwariskan nenek moyang kita. Kita tumbuhkan kembali kesadaran bersama, kita kembali pada tatanan yang membuat kita sejahtera,” ujar Ny. Putri Koster.

Baca Juga :  Dampak Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Waspada dan Berhati-Hati

Pada bagian lain, seniman multi talenta ini juga mengingatkan selain kain tenun endek, Bali juga sangat terkenal dengan aksesoris berbahan emas ataupun perak. Namun belakangan banyak diproduksi perhiasan yang berbahan alpaka,yg kualitasnya sangat jauh dari bahan  emas dan perak. Untuk itu, Bunda Putri mengajak kita kembali menggunakan aksesoris berbahan emas dan perak, sehingga kita bisa mempertahankan kualitas dari aksesoris kita.

Pendamping orang nomor satu di Bali ini juga menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan  pameran tidak hanya semata mata untuk  berdagang atau menjual produk IKM tetapi lebih kepada wahana atau  tempat untuk  mengedukasi,mengawasi, membimbing dan mengarahkan para perajin sesuai dengan tugas dari  Dekranasda untuk mengawasi situasi karya kerajinan di Provinsi Bali agar jangan sampai hilang, jangan sampai jatuh dan tidak terpelihara.

Baca Juga :  Rapat Koordinasi Wilayah TPID Balinusra Fokus Tingkatkan Pengendalian Inflasi

Di akhir arahannya, Ny.Putri Koster  mengajak kita bersama sama untuk membeli kain dan memakai kain tenun   sehingga pasar menggeliat, produksi terangkat dan para generasi muda kita sebagai penerus warisan leluhur  mau menenun kembali. Kita gelorakan semangat Dari Bali, Oleh Bali,Untuk dunia, sehingga kita bersama  akan sejahtera.

Pembukaan Pameran IKM Bali Bangkit Tahap IV Tahun 2022 turut dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bali, Ny. Widiasmini Indra, Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali, I Wayan Jarta, anggota TP PKK dan Dekranasda Provinsi Bali serta organisasi lainnya.

Acara pada pagi hari ini juga dimeriahkan dengan fashion show berbahan kain tenun endek Bali dari Tantri Bank BPD Bali, Dharma Yukti Karini Provinsi Bali serta karyawan karyawati Balimall.id.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News