Limbah Dapur
Ibu RT Didorong Kreatif Olah Limbah Dapur Jadi POC. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ibu rumah tangga (RT) didorong untuk kreatif mengolah limbah dapur menjadi pupuk organik cair (POC). Langkah mengolah limbah dapur menjadi POC, selain membantu mengurangi volume limbah juga berperan serta terlibat dalam gerakan mengolah sampah berbasis sumber yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

“Ini dalam upaya mengembangkan dan memberdayakan potensi pekarangan rumah sehingga dapat membantu perekonomian keluarga,” kata Akademisi Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa (Unwar), Ir. Anak Agung Sagung Putri Risa Andriani, M.Si saat dikonfirmasi di Denpasar pada Selasa (10/5/2022).

Baca Juga :  Putri Koster Ajak Masyarakat Bangun Kesadaran Kelola Sampah dari Sumbernya

Risa Andriani mengungkapkan dalam upaya memberikan dorongan dan motivasi ibu RT dalam mengolah limbah dapur menjadi POC, telah dilakukan penyuluhan dan pendampingan melalui program kemitraan masyarakat (PKM). Program ini salah satunya menyasar Kelompok Wanita Tani Kusumadewi berlokasi di Desa Asahduren, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana.

“Selama ini kelompok membeli pupuk organik cair cukup mahal padahal limbah organik yang ada di rumahnya terbuang percuma,” ujar Risa Andriani yang juga menjadi Ketua Tim Pelaksanakan PKM yang dibantu anggota tim Ir. Luh Suariani, M.Si., dan Ir. Ni Made Yudiastari, M.Si.

Harapannya POC yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan memberdayakan potensi pekarangan rumah sehingga dapat membantu perekonomian keluarga. Upaya ini juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengelola limbah rumah tangga sehingga tidak selalu berujuk ke tempat pembuangan akhir (TPA).(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini