FMIPA Universitas Udayana
FMIPA Universitas Udayana beserta Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar Gelar Bimtek IT. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar bekerja sama dengan Fakultas MIPA Univesitas Udayana melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Inforasi dan Teknologi (IT) bagi 35 orang pengurus koperasi, pengawas koperasi, dan penggiat UMKM di wilayah kota Denpasar yang dilaksanakan di Aula Gedung Pascasarjana Universitas Udayana pada Senin (9/5/2022).

Kegiatan selama 3 hari dari senin 9 Mei 2022- Rabu 11 Mei 2022 ini dihadiri oleh Kepala dinas koperasi dan UMKM Kota Madya Denpasar, Dr. I Dewa Made Agung, SE., M.Si, Dekan fmipa Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc, Ph.D, Koordinator Program Studi informatika, Dr. I Ketut Gede Suhartana, S.Kom, M.Kom, serta mahasiswa dan peserta BIMTEK ini juga mengundang narasumber Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bali-I Wayan Ekadina, SE., M.Si, Mantan Walikota Denpasar- Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE. M.Si, Kadek Puja Astawa, S.E. -Content Creator, Andi Yuda Prayoga-Senior Agency Manager – Chubb, Ni Nyoman Pudak Sari-Certified Digital Marketer, Ida Bagus Gede Dwidasmara, S.Kom, M.Cs-Dosen Informatika UNUD, serta Perwakilan dari Bank BPD Bali.

Baca Juga :  Kapenrem 163/Wira Satya Mendorong Peran Positif Media Massa dalam Pembangunan Demokrasi

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mendukung program transformasi teknologi bagi koperasi dan umkm di wilayah denpasar, sehingga mampu memenangkan persaingan di era industri 4.0 dan society 5.0. Seperti diketahui perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dan masive harus diimbangi dengan penguasaan dan penggunaan teknologi itu sendiri. Penguasaan teknologi seperti internet, website, dan sosial media sebagai salah satu media digital marketing diharapkan mampu meningkatkan kinerja Soko Guru yang berimbas pada menignkatnya kemampuan  menopang pertumbungan ekonomi nasional.

Dalam Sambutannya, Dekan FMIPA  menyampaikan bahwa kerjasama yang dibangun antara dinas koperasi dan UMKM Kota denpasar dan FMIPA Universitas udayana merupakan salah satu upaya bagaimana universitas mampu berkontribusi kepada masyarakat. Informatika sebagai salah satu program studi di FMIPA tentunya akan menjadi garda terdepat dalam percepatan program transformasi teknologi utamanya teknologi informasi yang juga merupakan program kerja dari pimpinan daerah. Informatika bukanlah ilmu yang baru, namun informatika merupakan salah satu ilmu yang memiliki kecepatan perkembangan yang sangat tinggi. Untuk itu sangatlah tepat jika potensi-potensi muda di bidang informatika dilibatkan dalam memperkuat segala aspek di masyarakat khususnya aspek teknologi informasi. Sejak berdiri tahun 2006 dalam upaya menyikapi kebutuhan masyarakat akan program studi bidang komputer/informatika, FMIPA sangat fokus pada perkembangan terkini.

Baca Juga :  Lantik Forum TJSL Provinsi Bali, Mahendra Jaya Minta Perusahaan Sisihkan Keuntungan untuk Pengentasan Kemiskinan di Bali

“FMIPA juga mendorong civitas informatika untuk selalu berada di urutan terdepan dalam urusan teknologi informasi. Watiniasih berharap apa yang dilaksanakan selama 3 hari ini dapat memberi banyak hal kepada Pengelola Koperasi dan UMKM di daerah Kota Denpasar,” terangnya.

Watiniasih berharap pula apa yang diterima dalam BIMTEK ini agar bisa disebarluaskan kepada masyarakat lain yang membutuhkan. Sebagai akhir kata Watiniasih mengucapakan banyak terima kasih atas kerja sama yang telah dilaksanakan antara Dinas Koperasi dan UMKM dengan FMIPA Unud, semoga kerjasama ini dapat terus dilaksanakan dalam berbagai kegiatan yang tidak kalah menarik dan pentingnya, tidak lupa Watiniasih juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang digawangi oleh I Gede Santi Astawa, S.T, M.Cs atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan kegiatan ini.(unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News