Bandara I Gusti Ngurah Rai
Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani 343.104 Penumpang Selama Libur Lebaran. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022 atau selama 10 hari masa libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah layani sebanyak 343.104 Penumpang dan 2.447 pergerakan pesawat udara baik domestik maupun internasional.

Khusus penerbangan domestik kedatangan terbanyak berada pada tanggal 1 Mei 2022 sebanyak 18.594 penumpang serta keberangkatan tertinggi terjadi pada tanggal 8 Mei 2022 dengan 19.461 penumpang.

Peningkatan signifikan statistik lalu lintas angkutan udara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tersebut disebabkan adanya libur panjang yang didukung dengan kemudahan persyaratan penerbangan sesuai regulasi pemerintah. Sebanyak 279.079 penumpang domestik dan 64.025 penumpang internasional baik datang maupun berangkat.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Herry A.Y Sikado mengatakan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada momen libur lebaran ini terjadi peningkatan jumlah penumpang dan pesawat udara beroperasi, sebagai operator Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai telah memiliki persiapan khusus menghadapi lonjakan statistik tersebut dengan bersinergi bersama pemangku kepentingan dalam menciptakan keselamatan serta keamanan dan seluruh fasilitas dipastikan berfungsi baik.

Baca Juga :  OJK dan Kementerian Dalam Negeri Sepakat Perkuat Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD)

“Kami menyiagakan posko terpadu angkutan lebaran yang melibatkan personil internal berserta unsur keamanan eksternal seperti TNI dan Polri, pada flow keberangkatan area drop zone terdapat 2 lokasi yakni didaerah parkir premium dan depan terminal keberangkatan domestik,” ungkap Herry, Senin (9/5/2022).

Herry juga menjelaskan, 3 rute asal tujuan terbanyak didominasi dari Jakarta 159.569 penumpang, Surabaya 45.655 penumpang dan 14.637 penumpang rute Ujung Pandang, dari maskapai domestik yang mengangkut rata-rata memiliki rute tersebut sehingga mendukung proses penerbangan dari dan menuju ke Pulau Bali.

Baca Juga :  Polsek Tabanan Cek Harga Bahan Pokok Beras

Lebih lanjut, Herry menambahkan, hingga hari ini per tanggal 9 Mei 2022 masih nampak pergerakan penumpang yang cukup ramai, namun prediksi dibawah dari trafik kemarin, namun pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik dan pengawasan untuk keselamatan serta keamanan pengguna jasa menjadi prioritas.

“Berkaitan dengan hal itu juga, kami menyiagakan Posko Angkutan Udara Lebaran 1443 Hijriah hingga 10 Mei 2022 mendatang, agar dapat mengantisipasi hal-hal yang mengganggu kelancaran penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai,” tutup Herry.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News